Banyuwangi The Sunrise Of Java || Kota Festival || Jelajahi Banyuwangi, Anda Pasti Ingin Kembali
Menu Click to open Menus
Home » LAROS » Polisi Banyuwangi Peduli Kekeringan Bagi-bagi Air Bersih Ke Wilayah Yang Mengalami Kekeringan

Polisi Banyuwangi Peduli Kekeringan Bagi-bagi Air Bersih Ke Wilayah Yang Mengalami Kekeringan

(495 Views) September 14, 2016 9:25 pm | Published by | No comment

polisi-peduli-kekeringan

Banyuwangi, Memorandum – Satuan Lalu Lintas Polres Banyuwangi menujukkan kepeduliannya kepada masyarakat yang wilayahnya mengalami kekeringan. Kepedulian ini dilakukan dengan membagi-bagikan air bersih. Menariknya, air bersih diangkut dengan kendaraan water canon yang biasanya digunakan untuk pengamanan unjuk rasa.

Wilayah yang menjadi sasaran pembagian air bersih adalah Dusun Pancoran, Desa Sidowangi, Kecamatan Wongsorejo. Lokasi desa ini berada di lereng gunung merapi dengan karakteristik tanah kering dan tandus.

Kapolres Banyuwangi AKBP Budi Mulyanto melalui Kasat Lantas AKP Samirin menyatakan, pembagian air bersih ini merupakan bentuk kepedulian Polres Banyuwangi kepada masyarakat yang wilayahnya mengalami kekeringan dan kelangkaan air bersih.  Kegiatan itu, menurutnya juga bagian dari pelayanan Kepolisian kepada masyarakat.

Lebih jauh pria ini menambahkan, pembagian air bersih ini merupakan salah satu rangkaian kegiatan dalam rangka hari jadi korps Lalu Lintas yang ke-61 pada 22 September mendatang. “Kami ingin berbagi kepada masyarakat, semoga ini bisa bermanfaat bagi masyarakat sekitar,” jelasnya.

Dalam kesempatan kali ini ada 15.000 liter air bersih yang digunakan. 10 ribu liter dibawa dengan kendaraan water canon, sedangkan sisanya dibawa dengan kendaraan tangki air PDAM Banyuwangi. “Jika air yang kita bawa masih kurang akan kita datangkan lagi,” ujarnya.

Dalam kesempatan yang sama Kasubag Humas Polres Banyuwangi AKP Bakin menyatakan, kegiatan itu diharapkan dapat membangun public trust. Dia berharap dengan kegiatan yang bersifat sosial ini bisa berdampak positif kepada tugas Polisi. “Jika sudah terjalin kedekatan dengan masyarakat maka akan berdampak positif terhadap dukungan masayarakat  terhadap tugas Kepolisian,” jelasnya.

Kedatangan kendaraan yang membawa air bersih ini langsung mendapatkan respon positif dari masyarakat.  Warga langsung berkerumun dengan membawa jeriken dan timbanya masing-masing.

Aminah, salah seorang warga menyatakan, untuk mendapatkan air bersih warga setempat harus ke Dusun lain yang berada beberapa kilometer dari tempat tinggalnya. Sehingga untuk keperluan masak dan minum  mereka harus benar-benar hemat air. Tidak hanya itu, untuk memperoleh air bersih mereka juga mereka juga harus merogoh kocek. “Harganya Rp 1.000 untuk setiap jeriken (berisi 30 liter air),” jelasnya.

Perempuan ini mengaku sangat bersyukur adanya bantuan air bersih dari Polres Banyuwangi. Dengan begitu dirinya bisa mendapatkan stok air bersih hingga 3 hari kedepan. Sebab dalam satu jeriken bisa digunakan untuk memasak dan minum selama tiga hari. “Saya hanya punya satu jeriken jadi hanya bisa menyetok satu jeriken saja,” ujar perempuan setengah baya ini. (jai/*)

Sumber | Koran Harian Memorandum

Koran Harian Memorandum 2016

Categorised in:

No comment for Polisi Banyuwangi Peduli Kekeringan Bagi-bagi Air Bersih Ke Wilayah Yang Mengalami Kekeringan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*