Banyuwangi The Sunrise Of Java || Kota Festival || Jelajahi Banyuwangi, Anda Pasti Ingin Kembali
Menu Click to open Menus
Home » PERISTIWA » Polair Selami Bangkai Rafelia

Polair Selami Bangkai Rafelia

(852 Views) March 31, 2016 9:18 pm | Published by | No comment
Polair Selamii Bangkai Refalia 2

2 Penyelam nelayan Bangsring Boat bersiap melakukan penyelaman

Banyuwangi, Memorandum – Satuan Polair Banyuwangi kembali melakukan penyelaman ke bangkai Kapal Rafelia 2 kemarin (30/3). Penyelaman ini dimaksudkan untuk mengecek posisi kapal yang tenggelam awal Maret lalu tetap pada posisi semula ataukah sudah berubah. Hasilnya, kapal yang memuat lebih dari 80 orang itu masih berada di posisi awal.

Penyelaman yang dilakukan petugas Polair melibatkan penyelam nelayan dari nelayan tradisional. Sekitar pukul 06.00 WIB, lima anggota Polair  Banyuwangi bersama dua penyelam dari nelayan Bangsring Boat menuju lokasi.  “Ternyata arus sangat kencang sehingga penyelaman harus kita tunda,” kata Kasat Polair Banyuwangi AKP Subandi.

Polair Selami bangkai Refalia 2-1

Kapal Polair saat berada di sekitar lokasi bangkai kapal Rafelia 2

Petugas tetap stand-by di sekitar perairan tersebut sambil menunggu arus berubah menjadi tenang. Sekitar pukul 10.00 WIB arus sudah mulai bersahabat meski masih tergolong kencang. Dua penyelam segera menjalankan tugasnya untuk memantau posisi kapal. Penyelaman dilakukan sekitar satu jam.

Subandi menyatakan, dari hasil penyelaman dipastikan posisi kapal tidak berubah. Menurutnya, posisi bangkai kapal tepat berada di sebuah cekungan. Sehingga kapal sama sekali tidak bergeser dari posisi awal kapal tersebut tenggelam. “Dari penyelaman yang kita lakukan, sama sekali tidak terjadi pergeseran posisi kapal,” ujar mantan Kasubag Humas Polres Banyuwangi ini.

Masih dari hasil penyeleman, Subandi menyebut ditemukan dua unit pik-up jenis L300 dan unit sepeda motor Vario berada di luar kapal. Diyakini keempat kendaraan itu merupakan muatan kapal Rafelia 2. “Namun posisinya tidak membahayakan kabel bawah laut, jaraknya masih sekitar 100 – 200 meter,” jelasnya.

Sementara itu, mengenai pemeriksaan saksi ahli berkaitan dengan penyelidikan perkara musibah tenggelamnya kapal Rafelia 2 rencananya akan dilakukan Kamis (31/3). Saksi yang akan dihadirkan adalah saksi ahli pelayaran dan ahli perkapalan. “Rencananya pemeriksaan saksi ahli dilakukan besok (hari ini, Red.) pagi,” pungkasnya. (jai)

Sumber : Koran Harian Memorandum

Categorised in:

No comment for Polair Selami Bangkai Rafelia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*