Banyuwangi The Sunrise Of Java || Kota Festival || Jelajahi Banyuwangi, Anda Pasti Ingin Kembali
Menu Click to open Menus
Home » LAROS » PNS Tugas 35 Tahun Berprestasi Tanpa Ambisi

PNS Tugas 35 Tahun Berprestasi Tanpa Ambisi

(949 Views) January 22, 2016 9:24 am | Published by | No comment

H. Soedirman, S.Sos

Banyuwangi, Memorandum – Meski bukan cita-cita sejak kecil, namun nasib dan perjalanan hidup telah mengantarnya sebagai seorang Abdi Negara (Pegawai Negeri Sipil/PNS). Dan pada awal April 2016 nanti, dia akan memasuki masa purna tugas setelah genap 35 tahun mengabdikan diri sebagai pelayan masyarakat.

H. Soedirman S.Sos.

H. Soedirman S.Sos.

Dengan jabatan terakhir sebagai Kepala Dinas Pendapatan Daerah (Dispenda) Kabupaten Banyuwangi, sosok Soedirman, S.Sos ini memang dikenal unik, ulet dan apa adanya. Dia juga sosok pekerja keras yang disiplin dan tidak suka menggembar-gemborkan apa yang menjadi obsesinya, tetapi lebih suka menyuguhkan keberhasilan-keberhasilan kinerjanya. Alhasil, tidak sedikit prestasi yang berhasil diraih oleh instansi yang dipimpinnya, yang bisa dijadikan sebagai baro-meter bagi kalangan birokrat lainnya.

Menurut catatan Memorandum, salah satu pretasi yang berhasil mengharumkan nama Banyuwangi adalah keberhasilannya dalam perolehan pemasukan yang tergolong fantastis selama 5 tahun terakhir. “Kuncinya hanya satu, tidak mudah berpuas diri. Karena diatas langit, masih ada langit,” ungkap Bapak 5 orang anak hasil buah cintanya dengan Endang Sriwahyuningsih, yang juga seorang PNS ini.

Meski dikenal ulet dan inovatif, perjalanan karier Soedirman sebagai PNS tidak bisa dibilang mulus. Pada masa pemerintahan Bupati Ratna Ani Lestari (2005 – 2010), pria kelahiran 1956 yang suka Sepakbola dan travelling ini malah pernah di ’non-job’ dan hanya ditugaskan sebagai staf biasa di Kantor Kecamatan Genteng.

Namun berkat kesabaran dan kedisiplinannya, Tahun 2004 karienya mulai terangkat kembali. Soedirman yang mengawali kariernya sebagai PNS di Bag. Kepegawaian, Badan Kepegawaian Daerah (1981 – 1996), ini sebelumnya juga pernah menjabat sebagai Camat Wongsorejo (2000 – 2002) dan Camat Genteng (2002 – 2004) sebelum akhirnya di’non-job. Tahun 2005, pejabat yang dikenal religious ini kembali dipercaya memangku jabatan sebagai Kabag Pemerintahan (2005), Kabag Umum (2005 – 2007), Dinas Pertanian (2007 – 2008), Badan Pemberdayaan Masyarakat (2008 – 2009) dan Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (2009 – 2011). Terakhir, satu-satunya pejabat eselon II yang belum pernah mengikuti Diklat PEM II ini diberi amanah menjadi nakhoda di Dinas Pendapatan Daerah hingga menjelang purna tugas sekarang ini.

Disinggung tentang kemungkinan diperpanjangnya masa tugas karena tenaganya masih dibutuhkan, Soedirman mengaku pasrah dan tidak berambisi. “Kalau saya masih dibutuhkan, dan regulasi yang mengatur tentang itu ada, ya terserah saja. Tetapi saya sama sekali tidak berambisi. Saya merasa senang sudah bisa mengabdi sebagai pegawai negeri hingga memasuki masa pensiun ini. Dan setelah pensiun nanti, saya masih ingin mengabdi untuk kemajuan Banyuwangi, meski dari luar jalur birokrasi,” ungkap Soedirman, yang mengaku sudah mengalami 14 kali mutasi selama 35 tahun perjalannya sebagai PNS. Selamat Pak Dirman..! (bud)

Sumber : Koran Harian Memorandum

Categorised in: ,

No comment for PNS Tugas 35 Tahun Berprestasi Tanpa Ambisi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*