Banyuwangi The Sunrise Of Java || Kota Festival || Jelajahi Banyuwangi, Anda Pasti Ingin Kembali
Menu Click to open Menus
Home » LAROS » PKL dan Parkir Liar Ditertibkan

PKL dan Parkir Liar Ditertibkan

(416 Views) January 18, 2017 11:41 am | Published by | No comment

– Satpol PP mengamankan sebuah lapak liar dalam penertiban, kemarin. (Memorandum – Hariyadi)

Banyuwangi, Memorandum – Satpol PP Banyuwangi melakukan penertiban di sejumlah sudut kota Banyuwangi kemarin (17/1). Sasarannya pedagang kaki lima (PKL) dan parkir liar. Dari hasil penertiban itu, petugas berhasil mengamankan sejumlah lapak liar. Penertiban kali ini juga melibatkan Dinas Perhubungan dan Satlantas Polres Banyuwangi.

Penertiban itu dilaksanakan pukul 10.00 WIB, pagi kemarin. Petugas langsung menyisir kawasan Pasar Banyuwangi untuk menertibkan PKL yang menyalahi aturan. Penyisiran dilanjutkan ke jalan Veteran, jalan Kartini, jalan Sayu Wiwit, jalan DI Panjaitan. Petugas kemudian menyusuri jalan Basuki Rahmat hingga ke lampu merah Sukowidi.

Kepala Bidang Operasional dan Penertiban Umum Satpol PP Banyuwangi Hary Iswwadi menyatakan, penertiba itu merupakan kegiatan rutin yang dilakukan Satpol PP. Sasaran penertiban adalah PKL, lapak liar, bangunan melanggar izin. “Salah satu tujaunnya adalah normalisasi trotoar agar sesuai fungsinya,” jelasnya.

Dalam kegiatan ini pihaknya juga melibatkan Dinas Perhubungan dan Satlantas Polres Banyuwangi. Sebab dalam penertiban kali ini juga dilakukan penertiban parkir kendaraan yang melanggar rambu.

Dalam penertiban tersebut pihaknya berhasil mengamankan 10 lapak liar dan 15 baner liar. Ada juga becak tanpa roda yang ditinggalkan pemiliknya di pinggir jalan. Pihaknya juga menertibkan warung-warung yang berada di pinggir jalan yang menggunakan trotoar untuk lahan berjualan. “Kami tidak melarang orang berjualan, tapi kita mengatur posisi berjualan,” jelasnya.

Mantan Kabid Perhubungan Darat Dinas Perhubungan Banyuwangi ini menyatakan, warung-warung pinggir jalan banyak yang mengambil jatah trotoar. Hal ini tentu saja sudah melanggar hak pejalan kaki untuk memanfaatkan trotoar.

Pada penertiban kali ini, lanjut Hary, lebih mengedepankan tindakan simpatik. Namun menurutnya, pada kesempatan berikutnya, pihaknya akan melakukan tindakan tegas bagi masyarakat yang masih melakukan pelanggaran. “Selanjutnya jika masih ada pelanggaran akan kita tindak sesuai aturan yang berlaku,” pungkasnya. (jai/bud)

Sumber | skhmemorandum.com

Koran Harian Memorandum 2016

Categorised in:

No comment for PKL dan Parkir Liar Ditertibkan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*