Banyuwangi The Sunrise Of Java || Kota Festival || Jelajahi Banyuwangi, Anda Pasti Ingin Kembali
Menu Click to open Menus
Home » POLITIK » PKB Banyuwangi Optimis Rebut Kursi Ketua DPRD Pada Pemilu 2019

PKB Banyuwangi Optimis Rebut Kursi Ketua DPRD Pada Pemilu 2019

(834 Views) March 25, 2016 6:37 pm | Published by | No comment
Pengurus DPC PKB Banyuwangi, saat pengambilan sumpah yang dituntun oleh Wakil Sekjen DPP PKB, Hj Nihayatul Wafiroh, MA

Pengurus DPC PKB Banyuwangi, saat pengambilan sumpah yang dituntun oleh Wakil Sekjen DPP PKB, Hj Nihayatul Wafiroh, MA

Banyuwangi, Memorandum – Setelah terpilih dan ditetapkan melalui Musyawarah Cabang ke IV PKB yang digelar di Ponpes Bahrul Hidayah di Dusun Rayud, Desa Parijatah Kulon, Srono, akhir Desember 2015 lalu, jajaran Dewan Pengurus Cabang (DPC) Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Banyuwangi masa bakti 2016 – 2021 yang dipimpin; Ketua Dewan Syuro, KH Abdul Ghofar, dan Ketua Dewan Tanfidz, HM Joni Subagio, SH, MH., resmi dilantik, Kamis (24/3) kemarin.

Selain dihadiri oleh ratusan kader PKB dari berbagai penjuru Banyuwangi, acara pelantikan yang ditandai dengan pengambilan sumpah oleh Wakil Sekjen DPP PKB, Hj Nihayatul Wafiroh, MA., itu juga dihadiri Ketua DPW PKB Jawa Timur, H Halim Iskandar, M.Ag., Bupati Banyuwangi, H Abdullah Azwar Anas, M.Si., Ketua PCNU, Drs KH Masykur Ali, Ketua Cabang Fatayyat NU, Hj Ma’mullah Harun, dan salah satu kader terbaik PKB Jawa Timur yang saat ini menjabat sebagai Menteri Pemuda dan Olahraga, H Imam Nahrawi, S.Ag.

Selain itu, pelantikan KH Abdul Ghofar dan HM Joni Subagio itu juga dihadiri oleh pucuk pimpinan beberapa partai politik yang ada di Banyuwangi, diantaranya; Ketua DPC PDI Perjuangan, I Made Cahyana Negara, SE., Ketua DPC Partai Demokrat, Michael Edy Haryanto, SH., Ketua DPC Partai Gerindra, Ir H Nauval Badri, Ketua DPC Partai Hanura, Ir Basuki Rahmat, Ketua DPC Partai Nasdem, H Supriyadi, KS., dan Ketua DPD Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Faisol Azis.

HM Joni Subagio, yang kembali dipercaya untuk menakhodai partai yang didirikan oleh (Alm) KH Abdurrahman Wahid (Gus Dur) ini dalam sambutannya menyampaikan tentang optimismenya bahwa pada Pemilu Legislatif 2019 mendatang PKB Banyuwangi mampu merebut kursi Ketua DPRD Banyuwangi. “Kami sadar bahwa selama ini banyak kader dan pejuang PKB yang pergi kemana-mana dan ada dimana-mana. Kami akan kumpulkan para kader itu untuk kembali kepangkuan PKB. Dan kami optimis pada Pemilu 2019 nanti akan mampu merebut posisi Ketua DPRD,” kata HM Joni, yang langsung disambut tepuk tangan para kader yang memenuhi Gedung Wanita Paramitha Kencana.

H Halim Iskandar dalam sambutannya menyebutkan, acara pelantikan DPC PKB Banyuwangi masa bakti 2016 – 2021 itu bukan saja lengkap, tetapi sempurna. Pasalnya, kata H Halim Iskandar, acara pelantikan tersebut juga dihadiri secara lengkap oleh jajaran PCNU Banyuwangi dan badan-badan otonom yang ada dibawahnya.

Sementara itu, optimisme HM Joni Subagio tentang target perolehan suara Pemilu Legislatif 2019, menurut H Halim Iskandar, bukan sesuatu yang mustahil. “Target itu pasti akan bisa dicapai. Karena memang ada dasarnya,” kata H Halim Iskandar, sembari membeber tentang hasil survey yang dilakukan oleh sebuah lembaga survey terhadap PKB dan kalangan kadernya. Menurutnya, hasil survey itu menunjukkan bahwa tidak sedikit kader dan pengurus PKB yang kurang percaya diri untuk mengakui bahwa PKB adalah partainya.

Ketua DPW PKB Jawa Timur, H Halim Iskandar, M.Ag.

Ketua DPW PKB Jawa Timur, H Halim Iskandar, M.Ag.

Selain itu, kata H Halim Iskandar, selama ini PKB belum sepenuhnya menggarap kalangan Nahdlatul Ulama (NU) sebagai basisnya. “Kalangan NU itu terbagi menjadi empat, yaitu; NU teles-bles, NU teles, NU mamel dan NU garingan. Dan struktur kalangan NU itu membentuk semacam piramida. Yang paling atas dan paling sedikit itu adalah NU teles-bles. Kemudian dibawahnya, NU teles dan NU mamel. Dan yang paling bawah yang merupakan terbesar adalah NU garingan. Sejauh ini, yang ada di PKB itu baru kalangan NU teles-bles dan NU teles. Sedangkan NU mamel dan NU garingan sama sekali belum di-ramut oleh PKB. Yang paling bawah itulah yang harus di-ramut dan dijangkau oleh PKB. Dan secara struktural, PKB harus bergerak sampai ke tingkat ranting. Jangan sampai ranting itu ada hanya ketika dibutuhkan saja,” ungkap Kakak kandung Ketua Umum DPP PKB, H Muhaimin Iskandar itu.

Dalam kesempatan tersebut, H Halim Iskandar juga mengingatkan tentang ‘doktrin’ yang disampaikan oleh Ketua Umum DPP PKB, bahwa seluruh jajaran PKB harus segera menanggalkan sikap pesimisme dan menggantinya dengan sikap optimisme. (bud)

Sumber | Koran Harian Memorandum

Categorised in:

No comment for PKB Banyuwangi Optimis Rebut Kursi Ketua DPRD Pada Pemilu 2019

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*