Banyuwangi The Sunrise Of Java || Kota Festival || Jelajahi Banyuwangi, Anda Pasti Ingin Kembali
Menu Click to open Menus
Home » EKONOMI » PHRI Keluhkan Menjamurnya Homestay di Banyuwangi

PHRI Keluhkan Menjamurnya Homestay di Banyuwangi

(317 Views) March 30, 2017 11:37 pm | Published by | No comment

– Ketua PHRI Banyuwangi, Zaenal Muttaqin. (Memorandum – Irham Kusuma)

Banyuwangi, Memorandum – Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Banyuwangi mengeluhkan menjamurnya homestay di Banyuwangi. Sebab banyaknya homestay tersebut berdampak pada sejumlah hotel yang ada di Banyuwangi.

Ketua PHRI Banyuwangi, Zaenal Muttaqin mengatakan, akibat banyaknya homestay di Banyuwangi, pemasukan sejumlah hotel turun hingga 30 persen. Hal itu menurutnya disebabkan tarif yang ditawarkan homstay kepada wisatawan jauh lebih murah dari hotel.

Bahkan menurutnya pengelola homestay memberikan harga Rp1,5 juta sebulan, sehingga dalam sehari hanya Rp50 ribu. Selain harga yang murah, pengelola homestay juga memberikan fasilitas yang tidak jauh berbeda dengan yang ditawarkan hotel, seperti salah satunya dilengkapi dengan AC.

Padahal, menurutnya, sektor perhotelan selama ini menjadi penyumbang Pendapatan Asli Daerah (PAD) terbesar kedua. “Tahun 2016 lalu, hotel di Banyuwangi menyumbang PAD sebesar Rp5 miliar,” jelasnya.

Sementara itu sumbangsih homestay kepada daerah dinilai masih belum jelas. Karena itu pihaknya meminta pemerintah daerah tidak diskriminatif. Sebab kebijakan tersebut akan mengakibatkan kecemburuan terhadap pemilik hotel di Banyuwangi.

Menurut Zaenal untuk mendirikan hotel harus mengurus banyak ijin, sedangkan homestay proses ijinnya tidak ribet. Hal itu juga ditambah adanya razia Satpol PP jelang puasa, sedangkan homestay belum tentu dirazia. “Padahal homestay juga berpotensi dimanfaatkan oleh orang yang tak jelas,” pungkasnya. (ham/bud)

Sumber | skhmemorandum.com

Koran Harian Memorandum 2016

Categorised in:

No comment for PHRI Keluhkan Menjamurnya Homestay di Banyuwangi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*