Banyuwangi The Sunrise Of Java || Kota Festival || Jelajahi Banyuwangi, Anda Pasti Ingin Kembali
Menu Click to open Menus
Home » KRIMINAL » PG Glenmore Akui Cemari Sungai Sampean Baru

PG Glenmore Akui Cemari Sungai Sampean Baru

(552 Views) January 7, 2017 9:38 am | Published by | No comment

– Melalui Wakil Manajer SDM dan Umum, PT IGG, Drs Sugiyanto, MM. (Memorandum – Eko Budi Setianto)

Banyuwangi, Memorandum – Mencuatnya kasus buangan limbah pabrik yang mencemari Sungai Sampean Baru dan mendapat reaksi keras berbagai kalangan, ditanggapi dengan baik oleh pihak PT Industri Gula Glenmore (PT IGG).

Melalui Wakil Manajer SDM dan Umum, Drs Sugiyanto, MM., yang didampingi Manajer Evaluasi Proyek, M Slamet, pihak PT IGG mengakui bahwa pengelolaan limbah pabrik yang mulai beroperasi sejak beberapa bulan lalu itu memang belum sempurna dan masih perlu banyak perbaikan. Bahkan, Sugiyanto menyatakan, manajemen PT IGG menyatakan terimakasih atas kontrol yang dilakukan media massa, yang telah mengungkap kondisi yang sebenarnya.

“Kita tidak alergi dengan pemberitaan media massa. Justru kami merasa terbantu dan diingatkan, bahwa apa yang kami lakukan masih belum sempurna dan masih terus perlu perbaikan,” kata Sugiyanto, ungkapnya kepada Memorandum, Jum’at (6/1) kemarin.

Dijelaskan, bahwa saat ini kondisi pabrik gula Glenmore masih dalam status pembangunan, sehingga masih banyak yang belum terselesaikan. Bahkan, pengelolaannya pun masih belum sepenuhnya diserahkan kepada PTPN XII.

Sebagaimana diberitakan sebelumnya, tentang terjadinya pencemaran di sungai Sampean Baru, pihak Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Banyuwangi menyatakan bahwa Sungai Sampean Baru positif tercemar limbah Pabrik Gula Glenmore.

Berdasarkan hasil dari uji laboratorium yang dilakukan DLH, kondisi air sungai Sampean Baru beserta jaringan tersiernya saat ni berada diambang standar baku mutu yang ditetapkan pemerintah. Artinya, Sungai Sampean Baru positif mengalami pencemaran yang disebabkan oleh limbah buangan pabrik. “Sejak pabrik Gula Glenmore dioperasikan, sampai saat ini kita sudah lima kali mengambil sampel dan melakukan uji laboratorium. Hasilnya, positif terjadi pecemaran limbah,” jelas Kepala DLH, Dra Chusnul Khotimah, M.Si., diruang kerjanya, Kamis (5/1) kemarin. (bud)

Sumber | skhmemorandum.com

Koran Harian Memorandum 2016

Categorised in: ,

No comment for PG Glenmore Akui Cemari Sungai Sampean Baru

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*