Banyuwangi The Sunrise Of Java || Kota Festival || Jelajahi Banyuwangi, Anda Pasti Ingin Kembali
Menu Click to open Menus
Home » EKONOMI » Peternak Sapi Perah Licin Mulai Alih Profesi

Peternak Sapi Perah Licin Mulai Alih Profesi

(524 Views) September 29, 2016 3:51 pm | Published by | No comment

sapi-perah-licin

Banyuwangi, Memorandum – Kurangnya modal untuk peternak sapi perah di Desa Tamansari Kecamatan Licin, Banyuwangi, mengakibatkan minim produksi dan mulai cari profesi lain yang sekiranya dapat mencukupi kebutuhan hidup sehari-hari.

Ketua KSU Dadi Mulyo H. Moch. Syaifudin mengaku, minimnya modal dan sosialisasi mengenai produksi susu sapi perah di desanya menjadi masalah tersendiri bagi masyarakat sekitar.

Dulunya, rata-rata peternak masih mensuplai susu ke pabrik Nestle sebanyak 5 ribu liter dalam 15 kali angkutan di tiap bulannya . Namun, seiringnya waktu para peternak mulai kerepotan karena kurangnya modal sehingga banyak yang merugi. Sempat pula ada peternak yang menjual susu perahannya ke pasar lokal karena dinilai lebih menguntungkan daripada disetor ke perusahaan dengan perbandingan harga mencapai Rp. 3-5 ribu per liternya.

Untuk sekarang ini, peternak banyak yang menjual sapi perahnya dan ada pula yang alih profesi. “Kondisi kandang saya sepi karena sapi saya alihkan kepada orang lain yang punya modal, karena pabrik kecil yang saya kelola juga lama tidak produksi,” ungkapnya.

Satu tahun terakhir ini Pemkab Banyuwangi mulai dinilai kurang memperhatikan sektor usaha ternak sapi perah di desanya yang sebenarnya merupakan peluang yang realistis, prospektif dan sangat besar, jelas . kalau bisa jangan tebang pilih, karena sudah banyak permohonan bantuan sudah diajukan kepada Pemkab Banyuwangi, tapi sampai saat ini masih belum ada tanggapan dan tindakan yang tegas. pungkas,H.Moh Syafiudin.(fat/coi)

Sumber | Koran Harian Memorandum

Koran Harian Memorandum 2016

Categorised in:

No comment for Peternak Sapi Perah Licin Mulai Alih Profesi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*