Banyuwangi The Sunrise Of Java || Kota Festival || Jelajahi Banyuwangi, Anda Pasti Ingin Kembali
Menu Click to open Menus
Home » EKONOMI » Petani Berharap PT BSI Mampu Dorong Produktifitas Hasil Pertanian

Petani Berharap PT BSI Mampu Dorong Produktifitas Hasil Pertanian

(450 Views) January 3, 2017 3:32 pm | Published by | No comment

Petani Berharap PT BSI Mampu Dorong Produktifitas Hasil Pertanian.

Banyuwangi, Memorandum – Keberadaan perusahaan tambang emas PT Bumi Sukses Indo (BSI) diharapkan tidak saja mengeksploitasi hasil mineral berupa loga mulia, namun masyarakat lokal juga berharap peran serta perusahaan berperan aktif membangun kemitraan dengan sector di luar pertambangan. Keberadaan PT. BSI juga diminta mengambil peran sector pertanian yang merupakan potensi besar di wilayah Kecamatan Pesanggaran, Kabupaten Banyuwangi.

Melalui community social responsibility (CSR) yang dikembangkan PT BSI, diharapan memiliki nilai tambah terhadap sector pertanian. Hal itu sudah dilakukan melalui pelatihan teknis terhadap kelompok tani sekitar wilayah PT BSI. “Kita ingin semua petani direkrut untuk ikut pelatihan bidang pertanian. Harapanya agar petani disini semakin maju dalam mengembangkan system budidaya dan pemanfaatan tehnologi berbasik pertanian. Dengan begitu peningkatan produksi pangan akan meningkat termasuk cara bertani ramah lingkungan yang sudah dilakukan BSI,”kata Yono Subagio ketua kelompok tani Sekar Arum Desa Sumber Agung, Kecamatan Pesanggaran,Senin(2/1).

Yono mengakui manfaat CSR mampu meningkat produksi tanaman khusus padi. Ia mengungkapkan petani merasa diuntungkan dengan system “Dwi Sri Bakti Nusa” sebuah konsep pengelolaan tanaman. Sebelumnya setiap hektar lahan mampu produksi tidak kurang dari 7,6 ton. Namun setelah melakukan system Dwi Sri Bakti Nusa hasilnya meningkat menjadi 8 ton per hektar. “Dibekali model tanam jajar legowo, bujur sangkar dengan jarak tanam 20: 40 misalnya hasil panen kami jauh meningkat,” jlentreh Yono Subagio.

Melalui kelompok Tani Sekar Arum, meminta PT.BSI bisa mengambil peran lebih besar terhadap warga local. “Pinginya, BSI jangan berhenti bermitra dengan petani. Terus kita dibantu dalam usaha meningkatkan swadaya pangan dan peningkatan kualitas sumberdaya manusianya,” kata Yono. (swa)

Sumber | skhmemorandum.com

Koran Harian Memorandum 2016

Categorised in:

No comment for Petani Berharap PT BSI Mampu Dorong Produktifitas Hasil Pertanian

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*