Banyuwangi The Sunrise Of Java || Kota Festival || Jelajahi Banyuwangi, Anda Pasti Ingin Kembali
Menu Click to open Menus
Home » PENDIDIKAN » Perpustakaan Banyuwangi Raih Penghargaan Sebagai Perpustakaan Paling Inovatif Se Jawa Timur

Perpustakaan Banyuwangi Raih Penghargaan Sebagai Perpustakaan Paling Inovatif Se Jawa Timur

(1390 Views) June 7, 2014 4:10 am | Published by | No comment

perpustakaanBANYUWANGI –  Seiring diserahkannya penghargaan tertinggi di bidang lingkungan oleh Wapres RI di Jakarta kepada Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas, Kantor Perpustakaan dan Dokumentasi Banyuwangi juga meraih penghargaan dari Pemprov Jawa Timur sebagai kantor perpustakaan terinovasi di Jawa Timur. Inovasi yang membawa Banyuwangi meraih penghargaan ini, adanya perpustakaan keliling dengan menggunakan roda.

Penghargaan ini diberikan Kapala Badan Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Jawa Timur, Drs A Mudjib Afan MARS, kepada Sekkab Slamet Kariyono, di Pendopo Shaba Swagata (Rabu, 5/6) saat membuka Rapat Koordinasi Penyusunan Rancangan Peraturan Daerah tentang Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Jawa Timur Tahun 2014, yang diadakan di Banyuwangi. “Banyuwangi salah satu kabupaten yang memberikan pelayanan dengan luar biasa menggunakan motor berkeliling hanya untuk menumbuhkan minat baca masyarakat,” kata Mudjib

Kantor Perpustakaan Banyuwangi memiliki 32 sepeda motor keliling yang disebar ke seluruh desa / kelurahan yang ada di Banyuwangi. Selain menggunakan motor, menurut Kepala Kantor Perpustakaan, Arsip dan Dokumentasi, Riyanti AKPD perpustakaan keliling juga dilengkapi dengan enam armada mobil keliling. “Untuk roda dua tiap hari keliling pelosok desa sedang mobil keliling setiap harinya diluncurkan untuk beroperasi di sekitar ruang-ruang publik dan keramaian. Di antaranya Ruang Terbuka Hijau (RTH) TMP Wisma Raga Satria, RTH Sri Tanjung dan RTH Taman Blambangan,” terang Riyanti.

Selain kendaraan keliling, inovasi lain yang mendukung diperolehnya penghargaan ini kata Riyanti, dengan memberikan pelayanan publik berbasis Information Technology (IT) kepada para masyarakat yang gemar membaca. Mulai dari e-katalog, kartu anggota online, hingga sistem peminjaman buku koleksinya. “Sehingga masyarakat cukup mengakses melalui internet kalau mau meminjam buku dengan website perpusda.banyuwangikab.go.id,” ujar Riyanti.

Saat ini, imbuh Riyanti, perpustakaan memiliki koleksi buku sekitar 35 ribu. Yang terdiri dari buku-buku ensiklopedi anak, rohani hingga buku pengetahuan umum dan buku-buku pelajaran.  (Humas Protokol)

Categorised in:

No comment for Perpustakaan Banyuwangi Raih Penghargaan Sebagai Perpustakaan Paling Inovatif Se Jawa Timur

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*