Banyuwangi The Sunrise Of Java || Kota Festival || Jelajahi Banyuwangi, Anda Pasti Ingin Kembali
Menu Click to open Menus
Home » PENDIDIKAN » Perpenas Ber-SK Kumham Tunjuk PJS Rektor UNTAG

Perpenas Ber-SK Kumham Tunjuk PJS Rektor UNTAG

(974 Views) March 18, 2016 8:25 pm | Published by | No comment

Banyuwangi, Memorandum – Dengan berakhirnya masa jabatan Tutut Haryadi sebagai Rektor Untag 1945 Banyuwangi Sugihartoyo langsung mengangkat penggantinya. Perpenas 1945 Banyuwangi Pimpinan Sugihartoyo menunjuk Drs. Andang Subaharianto M. Hum., sebagai pejabat sementara Rektor Untag 1945 Banyuwangi.

Surat pengangkatan Andang Subaharianto diserahkan dalam forum yang dihadiri seluruh pengurus Perpenas 1945 Banyuwangi, Dosen dan karyawan Untag1945, perwakilan mahasiswa, BEM, MPM dan seluruh civitas akademika. Penyerahan surat keputusan pengangkatan itu di lakukan di ruang F4 kampus Untag 1945 Banyuwangi.

Perpenas UNtag

Drs. Andang Subaharianto mendapat kalungan bunga dari mahasiswa Untag 1945 Banyuwangi setelah resmi diangkat sebagai pejabat sementara Rektor di kampus tersebut

Sugihartoyo menyatakan, seperti disampaikan sejak awal, pihaknya ingin merangkul semua pihak yang ada di Untag 1945 Banyuwangi. Andang Subaharianto menurutnya adalah sosok yang mampu merangkul semua pihak yang ada di Untag.  “Sehingga di Untag ini tidak ada lagi faksi-faksi baik itu dikalangan mahasiswa maupun dosen,” jelasnya.

Lebih jauh dia menjelaskan, Andang Subaharianto memiliki kapabilitas untuk membuat Untag 1945 Banyuwang lebih maju. Utamanya terkait dengan Tridarma perguruan tinggi. Sebagai pejabat sementara Rektor, Andang Subaharianto diberi mandat selama 90 hari kedepan. Dia meyakini dengan kepemimpinan Andang, apa yang selama ini kurang baik bisa menjadi sebaliknya bahkan bisa sangat produktif sekali.

Setelah 90 hari, kata Sugihartoyo, pihaknya akan melakukan evaluasi untuk pengangkatan rektor definitif. Pihaknya masih menunggu apakah perlu melakukan mekanisme yang melibatkan Senat sesuai statuta yang ada ataukah tidak. Namun yang pasti, dirinya akan menampung dan mengakomodir usulan senat yang ada di Untag 1945 Banyuwangi. “Tidak menutup kemungkinan beliau kita definitifkan,” tegasnya.

Dalam kesempatan yang sama, Andang Subaharianto menyatakan dirinya bersedia menjadi pejabat sementara Rektor Untag 1945 Banyuwangi karena secara yuridis rektor yang lama sudah habis masa jabatannya. Sehingga harus ada rektor baru. Sebab jika tidak akan terjadi vacum of power  yang menurutnya sangat tidak baik dalam organisasi. “Ini demi kepentingan publik, mahasiswa dan dosen,” jelasnya.

Sebelum menerima “pinangan” Sugihartoyo, dosen Fakultas Sastra Universitas Jember ini mengaku sudah  berkonsultasi dengan ahli hukum terkait konflik yang terjadi di Perpenas 1945 Banyuwangi. Atas dasar itulah dirinya bersedia menjadi rektor. “Karena Sugihartoyo yang pegang legalitas yakni surat persetuan Kemenkumham,” jelasnya.

Dalam pandangannya, selama belum ada keputusan yang berkekuatan hokum tetap. menurutnya yang legal adalah yang mendapat surat persetujuan dari Kemenkumham. Menurutnya, berkaitan dengan produk hokum yang dianggap legal oleh pemerintah adalah produk hokum yang berdasarkan legalitas itu.

Langkah awal yang akan dilakukannya sebagai pejabat sementara Rektor adalah membangun komunikasi dengan teman-teman yang masih dalam posisi berselisih. Dia akan membangun komunikasi dan bahkan bersilaturahmi kepada seluruh pihak untuk mempelajari akar permasalahannya. “Lalu saya akan melakukan komunikasi untuk menemukan formula yang bisa mempererat lagi pihak yang berselisih,” ujarnya.

Rekonsiliasi, lanjutnya, tidak bisa dilakukan jika semua pihak saling ngotot. Untuk dia mengajak semua pihak mau menurunkan standartnya agar rekonsiliasi itu bisa tercapai. Dirinya akan berupaya secara maksimal  untuk membuat pihak yang berselisih bersatu kembali. “Saya optimis dan semua harus optimis agar bisa berjalan,” tegas dosen Program studi Antropologi ini.

Setelah menerima surat pengangkatan, Andang Subaharianto langsung menerima ucapan selamat dari seluruh civitas akademika Untag 1945 Banyuwangi. Pria ini juga mendapatkan kalungan bunga dari perwakilan mahasiswa. Usai pengangkatan pria ini langsung menuju ruang rektor untuk memulai tugasnya sebagai pejabat sementara Rektor Untag 1945 Banyuwangi.(jai)

Sumber : Koran Harian Memorandum

Categorised in:

No comment for Perpenas Ber-SK Kumham Tunjuk PJS Rektor UNTAG

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*