Banyuwangi The Sunrise Of Java || Kota Festival || Jelajahi Banyuwangi, Anda Pasti Ingin Kembali
Menu Click to open Menus
Home » EKONOMI » Perhutani Bina Pengrajin Meubel

Perhutani Bina Pengrajin Meubel

(643 Views) March 17, 2016 6:09 pm | Published by | No comment

Banyuwangi, Memorandum – Sebagai upaya menekan pencurian kayu jati, sekaligus sebagai bentuk kepedulian terhadap Usaha Kerajinan Menengah (UKM) Meubelair di sekitar kawasan Hutan, Perhutani KPH Banyuwangi Selatan melakukan pembinaan kepada para pengrajin, Rabu (16/3) kemarin. Pembinaan ini disambut baik para pengerajin dan pengusaha industri kayu olahan yang ada di wilayah BKPH Curahjati.

Pengerajin Mebel Banyuwangi

Wakil Kepala ADM Perhutani Banyuwai Selatan, Heva Tulus Hidajat S.Hut, menjelaskan, program pembinaan terhadap industri meubelair dan pengerajin kayu olahan ini sekaligus juga untuk membuka jalur distribusi pembelian bahan baku kayu mulai dari Perhutani sampai ke pengrajin.

Menurut Heva, bahan baku kayu sebagai komponen utama industri meubelair, menjadi penentu hidup-matinya industri Meubelair. Untuk itu, agar pengrajin tidak mengalami kesulitan, Perhutani menyiapkan dua pola distribusi yakni; pembelian langsung atau kontrak dengan Perhutani melalui izin khusus.

Menurut Asper BKPH Curahjati, Sugeng, setiap pengrajin meubelair per minggu membutuhkan bahan baku kayu sedikitnya mencapai 4 M3. Maka dalam satu bulan kelompok yang berjumlah 17 pengerajin ini membutuhkan pasokan kayu sebanyak 272 M3. Dalam setahun jumlah yang dibutuhkan kurang lebih mencapai 3264 M3. “Hal ini tentu sangat menguntungkan bagi unit penjualan kayu di KBM Banyuwangi. Karena stoknya bisa terserap pasar dengan cepat,” kata Asper Sugeng.

Sementara itu, Ketua Paguyuban Pengerajin Meubelair “Usaha Berkah” Widodo, membenarkan bahwa Perhutani Banyuwangi Selatan siap mengawal pengerajin untuk mendapatkan bahan baku kayu dengan harga semurah-murahnya di unit penjualan di KBM. (swa)

Sumber : Koran Harian Memorandum

Categorised in: ,

No comment for Perhutani Bina Pengrajin Meubel

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*