Banyuwangi The Sunrise Of Java || Kota Festival || Jelajahi Banyuwangi, Anda Pasti Ingin Kembali
Menu Click to open Menus
Home » PEMERINTAHAN » Perda Pilkades Segera Direvisi

Perda Pilkades Segera Direvisi

(581 Views) January 11, 2017 8:46 pm | Published by | No comment

Cakades Luar Desa Bisa Ikut Bertarung

– Ketua Badan Pembentukan Peraturan Daerah DPRD, H.Khusnan Abadi. (Memorandum – Hariyadi)

Banyuwangi, Memorandum – Pelaksanaan Pilkades serentak di 55 Desa di Kabupaten Banyuwangi pada tahun ini, diprediksi akan lebih dinamis dan menarik. Pasalnya, warga ber KTP luar daerah atau luar Desa bisa mencalonkan diri mengikuti pemilihan Kepala desa (Kades), dengan adanya putusan Mahkamah Konstitusi yang mengugurkan salah satu syarat Calon Kepala Desa yang harus ber KTP desa setempat.

Menindaklanjuti perihal tersebut, Pemerintah Daerah melalui Surat Bupati Banyuwangi No. 188/01/429.011/2017, yang ditujukan kepada Ketua DPRD, meminta dewan segera melakukan pembahasan perubahan Perda Kabupaten Banyuwangi No. 9 Tahun 2015 tentang Pedoman Pemilihan,Pengangkatan,Pelantikan dan Pemberhentian Kepala Desa. “ Pembahasan revisi Peraturan Daerah tentang Pilkades menjadi prioritas usulan pada rapat Badan Musyawarah,” jelas Ketua Badan Pembentukan Peraturan Daerah DPRD, H.Khusnan Abadi saat berbincang dengan Memorandum, Selasa (10/01).

Politisi Partai Kebangkitan Bangsa ini menjelaskan, perubahan Perda No. 9 Tahun 2015 ini, sebagai tindaklanjut Keputusan Mahkamah Konstitusi RI No. 128/PUU-XII/2015, setelah adanya gugatan yang dilayangkan oleh Asosiasi Perangkat Desa Seluruh Indonesia kala itu.

Dalam draf perubahan Perda No. 9 Tahun 2015 yang disampaikan oleh Pemerintah Daerah. Ketentuan Pasal 15 ayat (1) huruf g yang memuat syarat Cakades harus terdaftar sebagai penduduk dan bertempat tinggal didesa setempat minimal satu tahun dihapus. “Perubahan Perda Pilkades yang diajukan eksekutif hanya pada Pasal 155 ayat (1) huruf g,” pungkas Khusnan Abadi. (ydi/bud)

Sumber | skhmemorandum.com

Koran Harian Memorandum 2016

Categorised in:

No comment for Perda Pilkades Segera Direvisi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*