Banyuwangi The Sunrise Of Java || Kota Festival || Jelajahi Banyuwangi, Anda Pasti Ingin Kembali
Menu Click to open Menus
Home » PEMERINTAHAN » Pengusaha Hotel Harus Minta Hak dan Kewajiban

Pengusaha Hotel Harus Minta Hak dan Kewajiban

(931 Views) October 8, 2015 10:56 am | Published by | No comment
Wakil Ketua DPRD Banyuwangi

Wakil Ketua DPRD Banyuwangi, Ismoko

Banyuwangi, Memo – Berbagai event seni-budaya dan olahraga yang digelar Pemkab Banyuwangi, dinilai sangat berperan dalam pengembangan industri pariwisata dan  menguntungkan bagi para pengusaha hotel dan restaurant. Karena itu, para pengusaha hotel dan restaurant di Banyuwangi harus sadar akan hak dan kewajibannya.

Demikian diungkap oleh Wakil Ketua DPRD Banyuwangi, Ismoko, saat dikonfirmasi tentang tingkat penyerapan APBD Banyuwangi 2015. Rabu (7/10) kemarin. Meski tingkat penyerapan APBD 2015 sampai saat ini sudah mencapai 50 persen lebih, kata Ismoko, namun masih ada beberapa catatan yang perlu diperhatikan oleh jajaran eksekutif, yakni tentang penanganan masalah pajak/retribusi hotel dan restaurant.

“Sudah cukup baik. Tetapi masih ada yang perlu diperhatikan lagi, yakni penanganan masalah pajak dan restribusi hotel dan restaurant. Kalau itu bisa ditangani dengan lebih maksimal, maka sektor pendapatan APBD akan lebih meningkat lagi,” kata Ismoko.

Menurut Ismoko, event-event yang digelar dalam rangka Banyuwangi Festival selama ini dinilai cukup mampu menggerakkan perekonomian di sektor industri kepariwisataan. Dan yang paling banyak diuntungkan adalah usaha-usaha hotel dan restaurant. “Harus ada timbal-balik yang sesuai. Pengusaha hotel dan restaurant harus sadar benar akan hak dan kewajibannya membayar pajak dan restribusi. Karena untuk menyelenggarakan even-even itu kan Pemkab butuh biaya yang tidak kecil,” kata Ismoko.

Terkait masalah tersebut, Plt Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata, MY Bramuda, menyatakan bahwa tingkat hunian hotel di Banyuwangi khususnya dalam rangka penyelenggaraan even-even Banyuwangi Festival rata-rata bisa mencapai 80 persen keatas. “Ketika penyelenggaraan Banyuwangi Beach Jazz Festival dan Gandrung Sewu, bahkan rata-rata hotel full-booking. Jadi wajar kalau pengusaha kemudian diingatkan tentang hak dan kewajibannya. Kan untuk penyelenggaraan even-even tersebut biaya yang dibutuhkan tidak kecil,” kata Bramuda. (bud)

Sumber : Koran Harian Memorandum Jaya Blambangan

Categorised in:

No comment for Pengusaha Hotel Harus Minta Hak dan Kewajiban

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*