Pengadilan Negeri Banyuwangi Marak Calo

1682 views
banner 468x60)

Banyuwangi – Gaya calo hasil tilang polisi lalu lintas di Pengadilan Negeri Banyuwangi, lebih berani dan terang-terangan menawarkan jasa mempercepat proses dan tidak perlu sidang lagi. Uniknya mereka menyaru sebagai tukang parkir.

Para pelanggar di jalan raya cukup membayar sesuai kesepakatan dan tingkat kesalahan tilangnya. Sudah tentu ada kerjasama dengan oknum karyawan di Pengadilan Negeri setempat.

Pantauan di lapangan, saat sidang tilang di Pengadilan Negeri di gelar Kamis (17/9/2015), calo-calo yang berada di areal parkir dan di jalan tersebut kebanyakan melambaikan tangannya kepada pelanggar kendaraan bermotor yang hendak parkir kendaraannya.

Mereka berujar, “Ayo boleh pak sidang tilang.” Aada lagi yang berkata, “Parkir disini pak yang mau sidang tilang, sekalian dibantu.

Biro jasa di Pengadilan Negeri Banyuwangi lebih senang menyaru sebagai jasa parkir kendaraan. Biasanya mereka terbagi tugas ada yang mencari dan ada yang mengurus tilang di petugas yang memang biasa kerjasama.

Para oknum  karyawan tidak sungkan-sungkan lagi menawarkan jasa untuk mengambil surat SIM mau pun STNK. “Bisa diamabil tanpa sidang. 15 menit selesai, tidak usah antri lama,” ucap seorang calo.

Para pegawai calo dan oknum pegawai PN Banyuwangi  ini menunggu di parkiran kendaraan yang berada di lantai dasar. Jika ada satu pelanggar yang sedang parkir langsung ditawari oleh mereka.

Pak sidang tilang, apa yang ditahan, STNK atau SIM. Sini kami bantu tanpa harus sidang di ruang sidang, lewat saya  saja sini antrenya banyak loh ratusan  orang. Lewat kita aja pak  paling 15 menit selesai, enggak perlu sidang, ujar salah satu oknum  pegawai berbaju warna  putih .

Para pegawai itu ada sekitar 5 orang, berjaga di ruang administrasi PN Banyuwangi  yang berada di lantai bawah.(mam)

Sumber : Memorandum Jawa Timur (beritamemorandum.com)

banner 468x60)

Related Post

banner 468x60)

Leave a reply

*