Banyuwangi The Sunrise Of Java || Kota Festival || Jelajahi Banyuwangi, Anda Pasti Ingin Kembali
Menu Click to open Menus
Home » KRIMINAL » Pencuri 26 Motor Didor, 3 Penadahnya Diringkus

Pencuri 26 Motor Didor, 3 Penadahnya Diringkus

(798 Views) September 19, 2016 6:57 am | Published by | No comment
pencuri-26-motor-didor

– Tersangka, M Ali (tengah), dibopong para penadahnya

Banyuwangi, Memorandum – Polres Banyuwangi terus mengembangkan penangkapan Muhammad Ali, (48), pelaku pencurian 26 sepeda motor yang ditangkap beberapa hari lalu. Dari pengembangan yang dilakukan, Polisi berhasil menangkap tiga orang lainnya. Mereka merupakan bagian dari sindikat Muhammad Ali yang berperan sebagai penadah sepeda motor hasil curian.

Ketiga orang itu masing-masing M. Imam, (34), warga Dusun Wadung Pal, Desa Tulungrejo, Kecamatan Glenmore, Faruq As’ari, (30), tinggal di Dusun/Desa Sepanjang, Kecamatan Glenmore, dan Sutarjianto, (33), warga Dusun Krajan, Desa Gentengkulon, Kecamatan Genteng.

Kapolres Banyuwangi, AKBP Budi Mulyanto menyatakan, sebagai eksekutor pencurian, M. Ali, bekerja cukup lincah dan cerdik. Sehingga dia bisa melaksanakan aksinya dalam kurun waktu yang cukup lama. “Dia beraksi dalam kurun waktu mulai tahun 2014 hingga 2016,” katanya pagi kemarin (18/9).

Ini tidak lepas dari status tersangka M. Ali yang saat itu masih tercatat sebagai anak buah kapal LCT Sritanjung dan terakhir sebagai cleaning service  kapal LCT Adinda. Status sebagai pegawai kapal membuat pria ini memiliki ruang gerak untuk melakukan aksinya tanpa di curigai. “Dia beraksi dengan menggunakan kunci palsu,”ujarnya.

Menurut mantan Kapolres Sampang ini, perkara ini mengembang hingga puluhan kasus pencurian sepeda motor terungkap setelah pihaknya membuka berkas laporan Polisi yang ada. Setelah diteliti satu persatu akhirnya dipastikan tersangka sudah mencuri sebanyak 26 motor. Sebagian besar dilakukan di wilayah dermaga LCM Pelabuhan Ketapang. “Sejauh ini sudah ada 17 barang bukti sepeda motor yang kita amankan,” jelasnya.

Mengenai penangkapan ketiga penadah ini, lanjut lulusan Akademi Polisi tahun 1997 ini,  didasarkan atas “kicauan” tersangka M. Ali. Penadah pertama yang ditangkap adalah M. Imam. Pengembangan terus dilakukan sampai akhirnya Polisi berhasil menangkap dua penadah lainnya. Saat ini Polisi juga masih memburu penadah lain yang sudah diketahui identitasnya.

Dalam proses pengembangan, tersangka M. Ali sempat berbelit-belit. Pria ini bahkan berusaha kabur dengan melawan petugas. Polisi akhirnya harus melumpuhkan tersangka dengan timah panas pada kaki kanannya. Temuan Polisi, ada beberapa kendaraan bermotor yang dijual dengan cara diprotoli lebih dahulu. Sehingga penjualan disesuaikan dengan kebutuhan spare part pembelinya. Biasanya, menurut Budi Mulyanto pembelinya dari kalangan peminat motor trail modifikasi. “Jadi dijual tidak secara utuh,” tegasnya.

Untuk satu unit motor menurut Kapolres, oleh tersangka dijual dengan kisaran harga mulai Rp 1,5 juta hingga Rp 3 juta tiap unitnya. Biasanya setelah mengambil motor pelaku langsung mengantarnya ke rumah salah satu penadah. (jai/bud)

Sumber | Koran Harian Memorandum

Koran Harian Memorandum 2016

Categorised in:

No comment for Pencuri 26 Motor Didor, 3 Penadahnya Diringkus

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*