Banyuwangi The Sunrise Of Java || Kota Festival || Jelajahi Banyuwangi, Anda Pasti Ingin Kembali
Menu Click to open Menus
Home » PEMERINTAHAN » Pencairan Dana Desa APBN 2016 Tahap 1 Tunggu Perbup

Pencairan Dana Desa APBN 2016 Tahap 1 Tunggu Perbup

(1143 Views) May 14, 2016 9:37 am | Published by | No comment
Dana Desa Banyuwangi

A.Faishol.NS, Kabid Pemdes dan Kemasyarakatan Desa/Kelurahan

Banyuwangi,Memorandum – Pemerintahan Desa se Banyuwangi , nampaknya harus sabar menunggu diterbitkannya Peraturan Bupati (Perbub) tentang Pedomam Pengunaan, Tata Cara Pembagian dan Penetapan Rincian Dana Desa Tahun 2016, untuk regulasi pencairan tahap  pertama Dana Desa yang bersumber dari APBN Tahun 2016. Total anggaran Dana Desa yang dikucurkan Pemerintah Pusat kepada 189 Desa di Banyuwangi tahun ini sebesar Rp. 134,4 miliar, yang akan dicairkan dua tahap.

Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (BPM-PD) Banyuwangi,melalui Kepala Bidang Pemdes dan Lembaga Kemasyarakatan Desa/Kelurahan, A.Faishol.NS mengatakan, pencairan Dana Desa tahap pertama,belum dapat dicairkan menunggu Peraturan Bupati  yang telah selesai disusun, untuk disampaikan kepada Kementerian Keuangan Republik Indonesia sebagai kelengkapan syarat pencairan dana Desa.

“ Peraturan Bupati telah disusun, perkiraan Bulan ini (Mei) pencairan Dana Desa tahap I dapat dicairkan oleh Pemerintahan Desa “ ucap Faishol saat dikonfirmasi Memorandum, Jum.at (13/06/2016) di Ruang kerjanya.

Dijelaskan, mekanisme pencairan Dana Desa tahun 2016 berbeda dengan tahun sebelumnya. Jika tahun 2015, Dana Desa dicairkan melalui tiga tahap, untuk tahun ini diperpendek menjadi dua tahap, dengan komposisi 60 ; 40 persen. Diperkirakan, pencairan Dana Desa Tahap pertama, setiap Desa mempunyai pundi anggaran pembangunan infrastruktur sebesar Rp. 400 Juta.

Sementara itu, untuk Alokasi Dana Desa (ADD) yang bersumber dari APBD Kabupaten Banyuwangi tahun 2016 sebesar Rp. 83 Miliar untuk 189 Desa. Dari laporan realisasi ADD, hingga saat ini baru 69 Desa yang telah melakukan pencairan tahap pertama. Mekanisme pencairan ADD acuanya sama dengan tahun 2015, dibagi menjadi tiga tahap. Tahap Pertama, dari total anggaran sebesar Rp. 49,8 Miliar baru terserap senilai Rp. 18,2 Miliar atau 36,6 persen.

“Hingga saat ini baru 69 Desa yang telah memenuhi syarat dan telah mencairkan ADD” ungkapnya.

Menurut Faishol, masih 120 Desa yang belum mencairkan ADD, karena belum selesainya penyusunan APBDes yang menjadi salah satu syarat utama pencairan Alokasi Dana Desa maupun Dana Desa. (ydi)

Sumber | Koran Harian Memorandum

Koran Harian Memorandum 2016

Categorised in:

No comment for Pencairan Dana Desa APBN 2016 Tahap 1 Tunggu Perbup

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*