Banyuwangi The Sunrise Of Java || Kota Festival || Jelajahi Banyuwangi, Anda Pasti Ingin Kembali
Menu Click to open Menus
Home » LAROS » Pemuda Lintas Agama Ikut Amankan Mudik Lebaran

Pemuda Lintas Agama Ikut Amankan Mudik Lebaran

(277 Views) June 21, 2017 2:54 pm | Published by | No comment

Pemuda lintas agama melaksanakan apel di Pos Pengamanan mudik lebaran Desa Sumberayu Muncar

Banyuwangi, Memorandum – Toleransi antara umat beragama di Banyuwangi tidak perlu diragukan lagi. Paling tidak itu terlihat di Pos Pengamanan mudik lebaran yang ada wilayah Muncar. Seluruh elemen pemuda dari lintas agama turut berpartisipasi mengamankan arus mudik.

Pos pengamanan mudik Lebaran di Desa Sumberayu, Kecamatan Muncar ini merupakan satu dari 18 Pos pengamanan lebaran yang didirikan Polres Banyuwangi. Pos ini akan beroperasi selama pelaksanaan operasi Ramdniya 2017. Pos pengamanan Desa Sumberayu ini berada di bawah kendali Polsek Muncar.

Petugas Pos pengaman ini terdiri dari Polri, TNI, Linmas, Senkom, dan komunitas sepeda motor. Yang menarik ada elemen pemuda lintas agama yang menjadi petugas Pos Pengamanan mudik lebaran di Pos tersebut. “Kami juga melibatkan pemuda lintas agama yakni Pecalang, Pemuda Kristen, dan Pemuda Ansor,” ujar Kapolsek Muncar, Kompol Agus Dwi Jatmiko usai memimpin apel.

Kapolsek Agus menambahkan, elemen pemuda lintas Agama dilibatkan dalam pengamanan mudik lebaran sebagai bentuk toleransi antar umat beragama. Elemen pemuda lintas agama ini sudah biasa melakukan kegiatan bersama-sama. “Ini bukti masyarakat sangat kompak, saling membantu satu dengan yang lain dan menjaga toleransi antar umat beragama,” ungkapnya.

Agus menyebut, elemen pemuda lintas agama tersebut tidak hanya aktif dalam pengamanan kegiatan keagamaan saja. Namun juga dalam berbagai kegiatan yang bersifat umum.

Sementara itu, Murdi, salah seorang anggota Pecalang mengaku senang bisa terlibat dalam pengamanan mudik lebaran. Dia dan anggota pecalang yang lain sudah biasa terlibat dalam pengamanan kegiatan keagamaan agama lain. Tidak hanya itu dia juga mengaku siap dilibatkan dalam pengamanan kegiatan apapun. “Untuk kegiatan kali ini ada 33 orang pecalang yang dilibatkan,” ujarnya.(jai)

Sumber | Surat Kabar Harian Memorandum

Categorised in:

No comment for Pemuda Lintas Agama Ikut Amankan Mudik Lebaran

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*