Banyuwangi The Sunrise Of Java || Kota Festival || Jelajahi Banyuwangi, Anda Pasti Ingin Kembali
Menu Click to open Menus
Home » PENDIDIKAN » Pemuda Harus berpikir Idealis

Pemuda Harus berpikir Idealis

(666 Views) January 8, 2016 3:59 pm | Published by | No comment

Keynote speaker KapolresBanyuwangi, Memorandum – Diundang sebagai keynot speaker diacara seminar diadakan SMK Nurul Taqwa di Desa Balak Kecamatan Songgon. Kapolres AKBP Bastoni Purnama, S.I.K mendapat pertanyaan kritis dan pedas dari sejumlah murid, diberi tema Satu Jam Belajar  bersama Tokoh dan Pemimpin Banyuwangi, topik Kenakalan Remaja Pelanggaran Lalulintas Serta Penyalahgunaan Narkoba, Kamis (7/1).

Mulai seputar penyebab kenalan remaja, dari 7 penanya semuanya pelajar, satu siswi Mujiati, siswi kelas XII jurusan akutansi melontarkan pertanyaan kritis.

“Mengapa selalu anak muda yang diberi pembinaan tentang narkoba. Ya sekali-kali bapak, orang tua kami yang diberi pemahaman seperti ini,” lontarnya kepada AKBP Bastoni Purnama.

Sambil tersenyum Kapolres menjawab bila pembinaan yang diarahkan kepada kalangan remaja merupakan langkah pencegahan agar tidak terjerumus dalam ranah pidana. Karena anak muda dinilai belum memiliki kedewasaan sehingga mudah terpengaruh untuk meniru prilaku yang buruk.

“Orang dewasa secara nalar telah matang. Makanya ketika melanggar sangkutannya dengan jeratan pidana. Sementara anak-anak Polisi lebih mengedepankan dengan berkearifan,” tegasnya.

Berdasarkan survei Komnas Perlindungan Anak 93,7 persen pelajar SMP – SMU pernah ciuman dan oral seks serta 62,7 persen siswi SMP tidak perawan lagi. Mengejutkan lagi, sebanyak 21,2 persen pelajar SMU pernah aborsi dan 97 persen pernah menonton film porno. Penyebab kenakalan remaja ini akibat krisis identitas dan kontrol diri yang kurang.

“Lingkungan sosial yang kurang baik juga jadi pengaruh. Termasuk lingkungan keluarga yang kurang harmonis sehingga anak lebih betah di luar rumah yang ujung-ujungnya salah memilih teman. Buntutnya mereka terjerumus dalam prilaku yang keliru,” tambah Kapolres.

Dilema itu bisa diatasi oleh kalangan remaja dengan memiliki pola pikir yang idealias sehingga tidak mudah terpengaruh. Remaja yang inovatif, semangat juang tinggi dan produktif menelurkan karya menjadikan mereka tidak gampang terjerumus ke dunia hitam.

Pemuda harus mempunyai 8 prinsip sukses, meliputi, cinta perkerjaan, kerja keras plus kerja cerdas, fokus pada sesuatu yang positif, memotivasi diri, berpikir kreatif, terus belajar, beri layanan terbaik, serta ulet dan gigih. (mam)

Sumber : Koran Harian Memorandum

Categorised in:

No comment for Pemuda Harus berpikir Idealis

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*