Banyuwangi The Sunrise Of Java || Kota Festival || Jelajahi Banyuwangi, Anda Pasti Ingin Kembali
Menu Click to open Menus
Home » PEMERINTAHAN » Pemkab Situbondo Belajar IT Perencanaan Dari Banyuwangi

Pemkab Situbondo Belajar IT Perencanaan Dari Banyuwangi

(1082 Views) December 2, 2014 4:40 pm | Published by | No comment

BANYUWANGI –  Pencapaian kabupaten Banyuwangi dalam Teknologi Informasi  di bidang perencanaan , diapresiasi oleh banyak daerah. Salah satunya Pemerintah Kabupaten Situbondo, Kota Santri ini menjalin kerjasama dengan Pemerintah Kabupaten Banyuwangi untuk belajar tentang penerapan teknologi dan informasi (TI)di bidang perencanaan dan keuangan.

Kerjasama itu tertuang dalam kesepakatan  bersama atara Pemkab Banyuwangi dan Pemkab Situbondo tentang pemanfaatan sistem informasi manajemen perencanaan penganggaran dan pelaporan yang ditandatangani oleh Bupati Situbondo H. Dadang Wigiarto, S.H dan Bupati Abdullah Azwar Anas di Pendopo Sabha Swagata, Selasa.

Dalam kerjasama tersebut Pemkab Banyuwangi akan memberikan aplikasi sekaligus konsultasi, pelatihan dan pendampingan sistem informasi manajemen perencanaan, pengangaran dan pelaporan di bidang IT keungan kepada Pemkab Situbondo.

Bupati Dadang mengatakan pihaknya tengah menjajaki beberapa kerjasama dengan Pemerintah kabupaten Banyuwangi. Kerjasama ini dilakukan terutama untuk mendukung  perencanaan pembangunan di Kabupaten yang terkenal sebagai kota santri ini. “Dengan kerjasama ini kami ingin mempercepat program IT Kabupaten Situbondo,” kata Bupati Dadang.

Bupati Dadang melanjutkan sebelum bekerjasama untuk penerapan IT di bidang perencanaan penganggaran dan pelaporan dengan Banyuwangi pihaknya telah menjalin kerjasama dengan Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) pusat.  Kerjasama dengan Banyuwangi sebagai tindak lanjut dari kerjasama tersebut.  “Secara substansi kami bekerjasama dengan BPPT, untuk aplikatifnya kami pilih Banyuwangi untuk mempercepat apa yang hendak kami capai,” kata Bupati Dadang.

Bupati Dadang menambahkan, pihaknya juga tertarik untuk bekerjasama di bidang pariwisata dengan Banyuwangi. Menurutnya Banyuwangi telah gencar melakukan promosi pariwisata dan mulai dikenal secara nasional bahkan internasional. Banyuwangi juga memiliki pelabuhan dan bandara sebagai pintu gerbang masuknya wisatawan. Situbondo bisa membuat paket promosi wisata bersama Kota The Sunrise of Java untuk memasarkan wisata yang ada di kota sholawat itu. “Kita akan pilih apa yang sesuai dan bisa dipromosikan bersama dengan wisata Banyuwangi. Seperti Taman Nasional Baluran yang memang  bebatasan langsung dengan Banyuwangi,” kata Bupati Dadang.

Bupati Abdullah Azwar Anas menyambut baik adanya kerjasama penerapan IT di bidang keuangan dengan Pemkab Situbondo. Kerjasama ini sebagai langkah awal yang baik untuk menjajaki kerjasama lainnya.”Hubungan antar daerah tidak lagi jamannya memperebutkan tapal batas namun apa manfaat bersama yang bisa didapat,” kata Bupati Anas.

 Senada dengan Bupati Dadang, Bupati Anas pun mengajak  Situbondo menjadikan Banyuwangi sebagai window atau jendela untuk promosi wisata daerah tersebut. Kedua daerah ini diharapkan bisa saling take and give demi kemajuan bersama. “Pemasaran promosi pariwisata apabila dilakukan secara bersama akan luar biasa,” tandas Bupati Anas.

Sementara itu penandatanganan MoU antara Pemkab Banyuwangi dan Pemkab Situbondo tersebut juga dibarengi dengan penandatanganan perjanjian kerjasama (PKS) oleh Sekretaris Kabupaten Banyuwangi Slamet Kariyono dan Sekretaris Kabupaten Situbondo Drs. Syaifullah, M.M.  (Humas Protokol)

Categorised in:

No comment for Pemkab Situbondo Belajar IT Perencanaan Dari Banyuwangi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*