Banyuwangi The Sunrise Of Java || Kota Festival || Jelajahi Banyuwangi, Anda Pasti Ingin Kembali
Menu Click to open Menus
Home » EKONOMI » Pemkab Gelar Job Fair 2014, Para Job Seekers Membludak

Pemkab Gelar Job Fair 2014, Para Job Seekers Membludak

(1108 Views) September 17, 2014 10:22 pm | Published by | No comment

job fair banyuwangiBANYUWANGI – Ratusan orang terlihat membludak memenuhi GOR Graha Bhakti Genteng, Rabu (17/9). Kedatangan mereka bukan tanpa sebab. Mereka tertarik mendatangi tempat itu karena  Pemkab Banyuwangi tengah menggelar pameran bursa kerja (job fair) 2014.

Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas ketika membuka acara yang diikuti oleh 50 pengusaha tersebut mengatakan, pameran bursa kerja ini sangat penting untuk mendekatkan antara job users (pencari tenaga kerja, Red) dan job seekers (pencari kerja, Red). “Ini sebenarnya model yang ditempuh banyak negara untuk mendekatkan job users dan job seekers,”ujar orang nomor satu di Banyuwangi ini. Apalagi, lanjutnya, sekarang  banyak perusahaan-perusahaan besar yang masuk ke Banyuwangi, dan memprioritaskan warga Banyuwangi untuk menjadi pekerjanya. “Ini kesempatan yang tak boleh disia-siakan,”tandas bupati.

Keberadaan bursa kerja juga dirasa bupati sangat potensial. Dari pelaksanaan job fair tahun 2013 lalu, dari 5 ribu lowongan kerja yang ditawarkan, sudah ada 1030 orang yang mendapatkan pekerjaan. “Harapan saya tahun ini, dari 6 ribu lowongan pekerjaan yang disediakan, bisa terserap 1500 tenaga kerja baru,”harapnya.

Kecamatan Genteng, tutur bupati,  sengaja dipilih sebagai tempat penyelenggaraan acara ini. Hal itu dimaksudkan untuk pemerataan, agar kegiatan besar tak hanya terpusat di tengah kota saja. “Kecamatan Genteng ini adalah sebuah kecamatan yang sedang berkembang.  Pihak perbankan juga melaporkan, perputaran uang di kantor kas kecamatan ini lebih banyak dibanding kecamatan lain. Karenanya, pameran bursa kerja kami ujicobakan diselenggarakan di tempat ini,”bebernya.

Bursa kerja  ini diadakan selama 2 hari ( 17 – 18/9), dari pukul 07.00 – 16.00 WIB. Sejak dibuka pertama kali, pengunjung langsung memadati tiap-tiap stand untuk berburu pekerjaan sesuai minat dan bakat mereka.  Dari 45 stand yang ada, disediakan 6 ribu lowongan pekerjaan, diantaranya bidang  finance, perhotelan, para medis, marketing, dan pekerja pabrik. Stand yang terlihat paling banyak diserbu adalah stand milik Bank Central Asia (BCA), Hotel Santika, PT Ratu Oceania Raya dan PT Bumi Suksesindo (BSI).

Bursa kerja yang  diselenggarakan untuk kali  kedua ini, membuat masyarakat belajar dari pengalaman sebelumnya. Mereka datang kesana sudah berbekal  persyaratan yang rata-rata dibutuhkan oleh perusahaan yang dituju. Seperti membawa daftar riwayat hidup (curriculum vitae), kartu kuning dari Dinas Sosial  Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Dinsosnakertrans), pas foto serta Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK). Jadi tak perlu menunggu waktu lama, mereka hanya tinggal mengisi formulir pendaftaran saja.

Salah satu pencari kerja, Rudi Heriyanto tampak sibuk berkeliling dari satu stand ke stand yang lain. “Saya sedang mencari pekerjaan yang sesuai dengan kemampuan saya,”kata pria asal Cluring ini. Mengaku mendapatkan informasi bursa kerja dari seorang temannya, Rudi yang datang bersama kawan-kawannya ini berharap mendapatkan pekerjaan di Banyuwangi. “Mudah-mudahan ada yang cocok dan saya bisa diterima,”ujar lulusan SMA PGRI Purwoharjo yang sebelumnya pernah bekerja di minimarket ini.

Sementara itu, menurut Sean E. Carwithen, owner perusahaan internasional PT Ratu Oceania Raya Bali, pihaknya mengaku senang dengan adanya bursa kerja ini. “Mencari orang di Banyuwangi yang sesuai dengan yang kami butuhkan tidaklah sulit. Mereka berbondong-bondong datang untuk mendaftarkan diri. Berbeda dengan bursa kerja yang pernah kami ikuti di tempat lain, mendapatkan yang sesuai kualifikasi kami sangat sulit,”tukas pria berkewarganegaraan Inggris ini.

PT Ratu Oceania Raya mendidik anak-anak muda yang berpotensi lewat sekolah khusus yang mereka adakan. Tak tanggung-tanggung, setiap tahunnya dibutuhkan 1400 orang untuk berbagai posisi. Untuk selanjutnya mereka akan disalurkan ke kapal-kapal pesiar yang melayani rute ke Jepang, China, Korea dan Eropa. Mereka juga diberikan tawaran gaji yang menggiurkan. Tak heran jika yang ingin bergabung di dalamnya disyaratkan bisa berbahasa asing, punya pengalaman bekerja dan masih berusia 21 tahun. (Humas & Protokol)

Categorised in:

No comment for Pemkab Gelar Job Fair 2014, Para Job Seekers Membludak

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*