Banyuwangi The Sunrise Of Java || Kota Festival || Jelajahi Banyuwangi, Anda Pasti Ingin Kembali
Menu Click to open Menus
Home » BUDAYA » Pemkab Dorong Peningkatan Kualitas Pelayanan Puskesmas

Pemkab Dorong Peningkatan Kualitas Pelayanan Puskesmas

(1159 Views) September 2, 2014 5:40 pm | Published by | No comment

Bupati Banyuwangi Abdulah azwar anas pelayanan puskesmas

BANYUWANGI  – Pemkab Banyuwangi terus berupaya meningkatkan kualitas kesehatan masyarakat salah satunya dengan meningkatkan pelayanan di puskesmas.   Tidak hanya dengan melengkapi fasilitas alat kesehatan, namun juga dengan memastikan tercukupinya jumlah tenaga dokter dan kualitas pelayanan yang diberikan.

Bupati Abdullah Azwar Anas mengatakan, sebagai frontline pelayanan kesehatan masyarakat, puskesmas harus bisa memberikan service yang maksimal.  Selain sambutan yang ramah, pasien juga harus mendapatkan pelayanan terbaik dari seluruh tenaga kesehatan di puskesmas. “Kita harus menjadikan puskesmas tempat yang nyaman, sehingga pelayanan yang diberikan bisa menjadi bagian dari proses penyembuhan pasien,” kata Bupati Anas saat acara penyerahan mobil ambulance bagi puskesmas Genteng Kulon, Puskesmas Kabat, Puskesmas Kedungwungu dan Puskesmas Singotrunan di Aula Rempeg Jogopati, Selasa  (3/9).

Pemkab juga terus mendorong kelengkapan fasilitas di 45 puskesmas di Banyuwangi. Saat ini seluruh puskesmas telah memiliki  alat-alat pelayanan kesehatan primer yang lengkap, layanan dental unit,  laboratorium yang cukup canggih bahkan ada yang dilengkapi pelayanan radiologi dan USG.  Semua puskesmas tersebut ditunjang oleh 60 tenaga dokter umum. “ Pasien yang datang ke puskesmas tidak perlu ragu lagi karena fasilitas di Puskesmas lengkap dan dilayani oleh dokter yang handal,” kata Bupati Anas.

Semua puskesmas juga dilengkapi dengan layanan mobil ambulance. Dan 17 puskesmas diantaranya memiliki fasilitas rawat inap. “Kami akan terus memperluas jangkauan puskesmas rawat inap. Agar pasien yang jauh dari kota dan rumah sakit cukup dirawat di puskesmas terdekat,” ujar Bupati Anas.

Komitmen meningkatkan kualitas kesehatan masyarakat juga dilakukan Pemkab melalui upaya lainnya. Salah satunya menjadikan dua rumah sakit milik Pemkab Banyuwangi, yaitu RSUD Blambangan dan RSUD Genteng, sebagai rumah sakit jaringan Unair. Dua RSUD tersebut akan dijadikan tempat praktik peserta Program Pendidikan Dokter Spesialis (PPDS) Fakultas Kedokteran Unair.

“Kita tahu bahwa Fakultas Kedokteran Unair adalah salah satu yang tertua dan terbaik di Indonesia. Tentu dengan kerja sama ini Unair bisa membantu peningkatan pelayanan kesehatan di Banyuwangi, calon-calon dokter dari Unair juga bisa melakukan penelitian dan membantu pelayanan di Banyuwangi,” jelas Bupati Anas. Dengan berjejaring dengan FK Unair juga sebagai upaya memenuhi kebutuhan akan dokter spesialis di Banyuwangi. (Humas & Protokol)

Categorised in:

No comment for Pemkab Dorong Peningkatan Kualitas Pelayanan Puskesmas

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*