Banyuwangi The Sunrise Of Java || Kota Festival || Jelajahi Banyuwangi, Anda Pasti Ingin Kembali
Menu Click to open Menus
Home » PENDIDIKAN » Pemkab Beri Beasiswa Kuliah Bagi Siswa Berkebutuhan Khusus Berprestasi

Pemkab Beri Beasiswa Kuliah Bagi Siswa Berkebutuhan Khusus Berprestasi

(5077 Views) June 21, 2014 5:04 am | Published by | No comment

beasiswa-telkom-bandungBANYUWANGI –  Pemerintah Kabupaten Banyuwangi berkomitmen untuk memberikan jaminan pendidikan, tidak hanya bagi siswa miskin namun juga bagi siswa berkebutuhan khusus berprestasi . Hal ini disampaikan Bupati saat membuka acara  Pelayanan Penjangkauan dan Family Support Bagi penyandang Disabilitas Netra serta penyerahan Bantuan permakanan Bagi YKPTI dan Lembaga Kesejahteraan Sosial Anak, di aula Panti AsuhanYKPTI, Jumat (20/6).

Bupati mengatakan pendidikan merupakan hak setiap anak, termasuk anak-anak dengan kebutuhan khusus. Untuk itulah pada tahun ini Pemkab Banyuwangi menganggarkan dana beasiswa bagi murid difabel yang berprestasi. “Kita berikan beasiswa kuliah sampai selesai bagi yang berprestasi. Ini agar menjadi penyemangat bagi yang lain untuk juga menghasilkan prestasi,” kata Bupati.

Untuk tahun ajaran 2014/2015 Pemkab menganggarkan dana beasiswa bagi pelajar difabel berprestasi sebesar Rp. 150 juta. Dana ini dipakai untuk alokasi  biaya pendidikan dan uang saku selama kuliah. “Bagi yang memiliki prestasi apapun baik akademik, seni dan lainnya bisa mendaftar untuk mendapatkan beasiswa ini melalui sekolah masing-masing,” ujar Bupati.

Selain itu Bupati memberikan apresiasi atas kegiatan Pelayanan Penjangkauan dan Family Support Bagi Penyandang Disabilitas Netra. Kegiatan yang akan diisi dengan pelatihan memijat atau massage bagi 40 penyandang tuna netra serta pemberian materi tentang usaha ekonomi produktif ini menjadi salah satu bentuk kepedulian lain bagi penyandang disabilitas. “Kegiatan ini diharapkan mampu memberikan bekal bagi kemandirian ekonomi para penyandang tuna netra,” ujar Bupati.

Bupati berharap ada sinergi yang baik antara berbagai stakeholder baik pemerintahan daerah maupun pihak swasta dalam membantu penyandang disabilitas Banyuwangi yang jumlahnya mencapai 4453 orang. Khususnyadalam  memberi  kesempatan bekerja bagi penyandang disabilitas yang memiliki   ketrampilan lainnya selain memijat. “Kami yakin banyak penyandang disabilitas yang memiliki kemampuan lebih dan bisa bekerja bahkan lebih baik dari kita yang normal. Untuk itu perlu dibuka kesempatan agar saudara-saudara kita bisa menyalurkan ketrampilannya dan mandiri secara ekonomi,” pinta Bupati.

Pada kegiatan yang merupakan hasil kerjasama Dinas Sosial dan Tenaga Kerja Kabupaten Banyuwangi  dan UPT Panti Sosial Bina Netra Mahatmiya, Bali ini juga dilakukan penyerahan bantuan permakanan kepada Panti Asuhan YKPTI sebesar Rp. 100 juta dan bantuan kepada lembaga Kesejahteraan Sosial Anak (LKSA) sebesar Rp. 50 juta. (Humas Protokol)

Categorised in:

No comment for Pemkab Beri Beasiswa Kuliah Bagi Siswa Berkebutuhan Khusus Berprestasi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*