Banyuwangi The Sunrise Of Java || Kota Festival || Jelajahi Banyuwangi, Anda Pasti Ingin Kembali
Menu Click to open Menus
Home » EKONOMI » Pemkab Banyuwangi Matangkan Industri Modern Kawasan Ketapang – Wongsorejo

Pemkab Banyuwangi Matangkan Industri Modern Kawasan Ketapang – Wongsorejo

(765 Views) March 22, 2016 3:49 pm | Published by | No comment
Siapkan Regulasi Tata Ruang

Bupati Abdulah Azwar Anas, menyerahkan Nota Pengantar kepada Ketua DPRD, I Made Cahyana Negara

Banyuwangi, Memorandum – Pemerintah Daerah Kabupaten Banyuwangi serius rubah tata letak Kecamatan Wongsorejo menjadi kawasan industri yang memiliki akses ekonomi tinggi untuk kepentingan regional Jawa Timur, nasional bahkan internasional. Untuk itu, lewat Bupati Abdullah Azwar Anas menyampaikan dalam paripurna DPRD Banyuwangi, nota pengantar, dua Raperda tentang Rencana Detail Tata Ruang Kawasan Strategis Pelabuhan Ketapang dan Rencana Detail Tata Ruang Bagian Wilayah Perkotaan Banyuwangi 2015- 2035, serta Raperda tentang Rencana Detail Tata Ruang Bagian Wilayah Perkotaan Wongsorejo 2015-2035.

Meski sempat tertunda, eksekutif akhirnya menyampaikan usulan pembahasan 2 Rancangan Peraturan Daerah kepada DPRD Kabupaten Banyuwangi, untuk segera dibahas dan digodok menjadi Peraturan Daerah. Dua regulasi baru yang akan mengatur tentang tata ruang dinilai sebagai langkah awal keseriusan Pemerintah Daerah menjadikan kawasan Banyuwangi Utara sebagai sentra ekonomi dan industri.

Nota Pengantar kedua Raperda tersebut disampaikan dalam rapat Paripurna DPRD yang dipimpin langsung Ketua DPRD, I Made Cahyana Negara, SE., dan dihadiri langsung Bupati H Abdullah Azwar Anas, M.Si, yang didampingi Sekretaris Daerah, H.Slamet Kariyono, jajaran birokrasi Pemkab Banyuwangi, Camat dan Kepala Desa/Lurah se Banyuwangi, Senin (21/3) kemarin.

Dalam Nota Pengantar usulan Raperda itu, Bupati Anas mengatakan, penyusunan Raperda RDTR Kawasan Pelabuhan Ketapang sebagai pendukung pertumbuhan ekonomi Kabupaten Banyuwangi dengan berbasis pengembangan pelabuhan, industri, pergudangan dan sarana transportasi melalui penyedian lapangan kerja yang didukung oleh sarana-prasarana yang memadai. Sedangkan Rencana Tata Ruang Kawasan Pelabuhan Ketapang diantaranya berfungsi  sebagai acuan dalam penyusunan RPJPD dan RPJMD dan RPJP.

Sedangkan rencana detail tata ruang perkotaan Banyuwangi, kata Bupati Anas, diantaranya sebagai dokumen yang mengatur dan mengendalikan tentang pemanfaatan ruang di seluruh kawasan perkotaan. Menjamin implementasi pembangunan agar sesuai dengan kebutuhan dan aspirasi masyarakat dalam pengembangan lingkungan atau kawasan yang berkelanjutan. “ Tanah-tanah kosong dikawasan perkotaan, akan kita tata dan harus segera difungsikan” ungkap Bupati Anas dihadapan peserta rapat paripurna.

Raperda tentang Rencana Detail Tata Ruang Bagian Wilayah Perkotaan Wongsorejo 2015-2035, menurut Bupati Anas, bertujuan mewujudkan BWP Wongsorejo sebagai kawasan industri yang berwawasan lingkungan dengan didukung oleh Pemerintahan, pelayanan umum, perdagangan dan jasa. Adapun untuk sasaran penyusunan Raperda tersebut, diantaranya menciptakan keselarasan, keseimbangan antar lingkungan pemukiman dalam kawasan perkotaan Wongsorejo. Selain itu, untuk kawasan industri di kawasan Banyuwangi Utara juga ada zonasi pengembangan pariwisata, zonasi pertanian,pemukiman,serta perdagangan dan jasa. “Dengan Tata Ruang yang jelas, akan memudahkan investor untuk masuk dan tidak semua daerah punya RDTR,” jelas Bupati Anas, saat di konfirmasi awak media. (ydi/*)

Sumber : Koran Harian Memorandum

Categorised in: ,

No comment for Pemkab Banyuwangi Matangkan Industri Modern Kawasan Ketapang – Wongsorejo

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*