Banyuwangi The Sunrise Of Java || Kota Festival || Jelajahi Banyuwangi, Anda Pasti Ingin Kembali
Menu Click to open Menus
Home » PEMERINTAHAN » Pemeriksaan BPK, Banggar Kroscek LPJ APBD 2016

Pemeriksaan BPK, Banggar Kroscek LPJ APBD 2016

(272 Views) June 21, 2017 2:51 pm | Published by | No comment

Wakil Ketua DPRD, Ismoko

Banyuwangi, Memorandum – Selama 2 (dua) hari berturut-turut, Badan anggaran DPRD Kabupaten Banyuwangi mengelar rapat internal pembahasan Raperda Pertanggungjawaban Pelaksanaan APBD tahun 2016. Anggota Banggar dari masing-masing fraksi melakukan pencermatan LPJ pelaksanaan APBD tahun 2016,sekaligus melakukan kroscek laporan hasil pemeriksaan BPK terhadap keuangan daerah.

Wakil Ketua DPRD, Ismoko usai memimpin rapat internal Banggar menyampaikan, Banggar DPRD mencermati LPJ Pelaksanaan APBD Tahun 2016, apakah perencanaan program pembangunan telah dilaksanakan dengan benar dan sesuai fakta dilapangan. Serta melakukan evaluasi serapan anggaran pada masing –masing SKPD.

“Rapat internal Banggar hari ini, lebih difokuskan pada komponen-komponen APBD seperti halnyan pendapatan daerah,belanja daerah dan pembiayaan daerah “ jelas Ismoko saat dikonfirmasi Memorandum, Selasa (20/06/2017) di Ruang kerjanya.

Ismoko menambahkan, selain terkaitdengan komponen APBD, Banggar  DPRD, juga mencermati hasil laporan pemeriksaan BPK atas keuangan daerah. Ada beberapa pokok hasil  pemeriksaan BPK atas laporan keuangan Pemerintah Kabupaten Banyuwangi yang perlu mendapatkan perhatian.

“Dokumen LHP BPK akan kita singkronkan dengan LPJ Pelaksanaan APBD yang disampaikan oleh Bupati Banyuwangi” jelas Ismoko.

BPK masih menemukan adanya kelemahan pengendalian internal dalan penyusunanan laporan keuangan, diantaranya penatausahaan investasi non permanen dan dana bergulir yang tidak memadai. Penganggaran belanja daerah dengan nilai miliaran rupiah, tidak sesuai dengan ketentuan.

BPK juga  menilai adanya ketidakpatuhan terhadap Peraturan Perundang-Undangan dalam pengelolaan keuangan daerah seperti halnya, dokumen pertanggungjawaban belanja Bahan Bakar Minyak (BBM) pada Dinas Kebersihan dan Pertamanan (DKP) dengan nilai ratusan juta rupiah, ang tidak diyakini kebenarannya. Penyertaan Modal di PDAM Banyuwangi yang belum didukung dengan Peraturan Daerah, dimungkinkan akan menjadi masalah besar dikemudian hari. (ydi/coi)

Sumber | Surat Kabar Harian Memorandum

Categorised in:

No comment for Pemeriksaan BPK, Banggar Kroscek LPJ APBD 2016

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*