Banyuwangi The Sunrise Of Java || Kota Festival || Jelajahi Banyuwangi, Anda Pasti Ingin Kembali
Menu Click to open Menus
Home » LAROS » Pembangunan Pelabuhan Marina Terus Digenjot

Pembangunan Pelabuhan Marina Terus Digenjot

(638 Views) August 12, 2016 8:13 pm | Published by | No comment

130 KK Akan Segera Direlokasi

Relokasi Warga Lingkungan Boom

Relokasi Warga Lingkungan Boom

Banyuwangi, Memorandum – Meski belum mengantongi dokumen Amdal dan kelengkapan perizinan lainnya, Pembangunan Pelabuhan Marina Boom terus digenjot. Sebelumnya, aktifitas pembangunan pelabuhan internasional itu sempat terhenti setelah muncul keberatan dari warga sekitar terkait kegiatan reklamasi yang dilakukan pihak pengembang di areal tersebut.

Informasi terakhir yang dihimpun Memorandum, terkait proses pembangunan tersebut, sekitar 130 KK yang tinggal di RT 03 RW 03 Lingkungan Krajan, Wilayah Pelabuhan Boom, akan segera direlokasi. Rencana relokasi akan dimulai pada bulan September mendatang. Dan saat ini, penanganan proses relokasi itu sudah mulai ditender-kan.

Terkait rencana relokasi warganya itu, Kepala Kelurahan Kampung Mandar, Kecamatan Banyuwangi, Bambang Purwanto, mengaku belum pernah dihubungi atau diajak bicara masalah tersebut. “Sejauh ini saya belum diajak ngomong masalah relokasi warga saya. Ya kita tunggu saja apa yang akan dilakukan PT PPI terhadap warga saya. Yang jelas, apapun yang terjadi, saya akan tetap berada dipihak warga,” kata Bambang, saat dihubungi melalui Ponsel-nya, Kamis (11/8).

Menurut Bambang, warganya yang tinggal di atas lahan yang dikuasai PT Pelindo III itu sudah sejak jauh-jauh hari siap untuk di-relokasi ke tempat lain. Namun, Bambang menegaskan bahwa masalah relokasi bukan urusan mudah. “Meski mereka sudah memiliki KTP dengan alamat tinggal di lokasi tersebut, tetapi warga sangat sadar bahwa tanah yang mereka tinggali itu bukan hak milik mereka. Karena itu sejak jauh hari mereka sudah siap untuk direlokasi. Masalahnya, tentang bagaimana teknis pelaksanaan relokasi itu sampai saat ini saya belum diajak bicara oleh PT Pelindo III. Namun sebagai kepala kelurahan saya berharap agar dalam proses relokasi nanti, PT Pelindo mau berpegang pada azas ‘memanusiakan manusia’. Artinya, untuk hal-hal yang terkait langsung dengan rakyat, jangan selalu menggunakan pendekatan hukum. Mereka adalah manusia yang tetap harus di-manusiakan, bukan diobrak dengan seenaknya,” kata Bambang,” (bud)

Sumber | Koran Harian Memorandum

Koran Harian Memorandum 2016

Categorised in:

No comment for Pembangunan Pelabuhan Marina Terus Digenjot

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*