Banyuwangi The Sunrise Of Java || Kota Festival || Jelajahi Banyuwangi, Anda Pasti Ingin Kembali
Menu Click to open Menus
Home » PEMERINTAHAN » Pembahasan Kawasan Strategis Tumpang Pitu Bakal Alot

Pembahasan Kawasan Strategis Tumpang Pitu Bakal Alot

(688 Views) October 8, 2015 10:59 am | Published by | No comment

Banyuwangi, Memo – Raperda Rencana Penataan Ruang Kawasan Strategis Tumpang Pitu, di prediksi pada tahapan pembahasannya akan menarik dan cenderung alot, hal tersebut terlihat dari beberapa pendapat anggota Dewan, usai mengikuti rapat paripurna DPRD dengan agenda PU Fraksi, Selasa (6/10/2015)

Menaggapi PU Fraksi PDI-Perjuangan dan Fraksi PKB, Jawaban Bupati banyuwangi yang dibacakan oleh wakil Bupati, Yusuf Widyatmoko menjelaskan, terkait dengan keselarasan antara draf Raperda dengan perda kabupaten banyuwangi No. 8 tahun 2012 tentang Tata Ruang Wilayah Kabupaten Banyuwangi tahun 2012-2032. Tentang alih fungsi hutan dan zonasi dijelaskan berdasarkan, Keputusan Menteri Kehutanan RI, SK.182/MENHUT-II/2013 tentang perubahan fungsi antar fungsi pokok kawasan hutan lindung menjadi kawasan hutan produksi, tetap terletak dibagian kesatuan pemangkuan hutan Sukamade, Pesanggaran Banyuwangi dengan luas kurang lebih 1942 HA.

Menanggapi PU Fraksi Demokrat, Pemerintah Daerah sependapat bahwa penyusunan dan pembentukan Peraturan Daerah disesuaikan dengan Permendagri No. 47 Tahun 2012 dan lampiran III Permendagri No. I tahun 2014 tentang Pembentukan Peraturan daerah. Selain itu untuk meminimalisir kesalahpahaman masyarakat terhadap Raperda RPRKS Tumpang Pitu, rencana penataan ruang tersebjut akan dilakukan sosialisasi kepada masyarakat, seperti harapan fraksi gerindra dalam penyampaian Pemandangan Umumnya.

Dalam Perda Banyuwangi No. 8 tahun 2012, tentang RTRW Kabupaten Banyuwangi, disebutkan bahwa Kecamatan pesanggaran merupakan kawasan strategis dari sudut pandang kepentingan pendayagunaan Sumber Daya Alam serta kepentingan fungsi dan daya dukung lingkungan hidup. Oleh karena itu, kawasan Tumpang Pitu yang termasuk dalam wilayah Kecamatan Pesanggaran,dengan nilai strategis yang di kandungnya perlu diatur secara lebih rinci dalam penataan ruangnya.

 Penyusunan rencana Tata Ruang Kawasan strategis Tumpang pitu, secara substansi mengatur kawasan Tumpang pitu dari aspek spasial melalui penentuan pola ruang dan struktur ruangnya. Sebagaimana disebutkan dalam peraturan Menteri Pekerjaan Umum, No. 20/PRT/M/2011. (ydi)

Sumber : Koran Harian Memorandum Jaya Blambangan

Categorised in:

No comment for Pembahasan Kawasan Strategis Tumpang Pitu Bakal Alot

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*