Banyuwangi The Sunrise Of Java || Kota Festival || Jelajahi Banyuwangi, Anda Pasti Ingin Kembali
Menu Click to open Menus
Home » PEMERINTAHAN » Pembahasan APBD 2016

Pembahasan APBD 2016

(812 Views) September 13, 2015 9:00 pm | Published by | No comment

Proyeksi APBD 2016 Diproyeksi Naik 4,59 Persen

Banyuwangi – Sektor Pendapatan Daerah Kabupaten Banyuwangi tahun anggaran 2016 diproyeksikan sebesar Rp. 2,504 Triliun, atau naik 4,59 Persen dari tahun sebelumnya. Sementara pada pos belanja daerah pada tahun 2016 direncanakan sebesar Rp. 2,746 Triliun, yang diproyeksikan terdiri dari belanja tidak langsung sebesar Rp. 1,638 Triliun, dan belanja langsung sebesar Rp. 1,108 Triliun.

Hal itu disampaikan Bupati Abdullah Azwar Anas, pada rapat paripurna DPRD Banyuwangi pekan lalu, (9/9) yang lalu dengan agenda penyampaian Nota Pengantar Kebijakan Umum Anggaran (KUA), Plafon Prioritas Anggaran Sementara (PPAS) APBD Banyuwangi tahun 2016. Rapat paripurna dipimpin langsung Ketua DPRD, I Made Cahyana Negara, SE didampingi pimpinan dewan lainnya.

Selain pendapatan dan belanja daerah, Bupati Banyuwangi juga menyampaikan tujuh kebijakan utama Pemerintah daerah di tahun 2016, antara lain meningkatkan belanja infrastruktur untuk memperkuat konektivitas antar wilayah,guna mendukung sektor perekonomian, pendidikan dan kesehatan.

Meningkatkan efisiensi belanja daerah, diantaranya adalah fokus penguatan belanja publik yang labih tepat sasaran dan pengendalian belanja operasional SKPD yang kurang optimal. Mendukung pemantapan reformasi birokrasi dalam rangka peningkatan pelayanan public, melalui peningkatan kesejahteraan aparatur, dan antisipasi UU No. 5 tahun 2014 tentang Aparatur Sipil Negara (ASN). Mendukung pengurangan kesenjangan antar kelompok pendapatan dan antar wilayah, antara lain melalui peningkatan pemerataan pembangunan daerah di seluruh pelosok wilayah kabupaten.

Menanggapi itu, Ketua DPRD, I Made Cahyana Negara menyampaikan, Nota Pengantar KUA-PPAS APBD 2016 akan ditindaklanjuti dengan pembahasan oleh pihak eksekutif bersama legislative.

“ Pembahasan KUA-PPAS, sesuai mekanisme akan dicermati terlebih dahulu ditingkat Komisi-Komisi, hasil dari kajian Komisi,akan dibahas kembali oleh Badan anggaran” jelas Made. (ydi)

Sumber : Memorandum Jawa Timur (beritamemorandum.com)

Categorised in:

No comment for Pembahasan APBD 2016

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*