Banyuwangi The Sunrise Of Java || Kota Festival || Jelajahi Banyuwangi, Anda Pasti Ingin Kembali
Menu Click to open Menus
Home » PARIWISATA » Peluang Industri Pariwisata Banyuwangi 2017, Ketersediaan SDM Masih Jadi Kendala

Peluang Industri Pariwisata Banyuwangi 2017, Ketersediaan SDM Masih Jadi Kendala

(731 Views) January 2, 2017 1:00 pm | Published by | No comment

– Plt Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Banyuwangi, MY Bramuda. (Memorandum – Eko Budi S)

Banyuwangi, Memorandum – Geliat industri pariwisata Banyuwangi dalam beberapa tahun terakhir, sudah diakui berbagai kalangan. Terbukti, minat investor untuk berinvestasi di bidang pariwisata di Banyuwangi, memang sangat besar. Namun demikian, ada beberapa hal yang masih menjadi kendala bagi Banyuwangi dalam menghadapi persaingan pasar pariwisata.

Plt Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kabupaten Banyuwangi, MY Bramuda, mengungkapkan, pada hakekatnya potensi priwisata yang dimiliki Banyuwangi sudah sangat layak untuk dipasarkan ke dunia internasional. Bahkan, kata Bramuda, kedepan nanti Banyuwangi siap untuk ‘membayangi’ keberhasilan industry pariwisata Bali yang sudah mendunia. “Potensi yang ada, sudah sangat layak dan sudah siap jual. Potensi kultur dan seni-budayanya, sumber daya alamnya, juga hal-hal yang bersifat inovasi lainnya seperti penyelenggaraan berbagai festival, terbukti laku dan menjadi daya tarik tersendiri,” ungkap Bramuda.

Hanya saja, lanjutnya, ada beberapa hal mendasar yang masih menjadi kendala. “Dalam beberapa tahun terakhir, akselerasi dan tingkat kunjungan wisatawan ke Banyuwangi masih belum diimbangi dengan ketersediaan SDM Pariwisata yang layak dan mumpuni. Itu yang masih menjadi kendala bagi kita,” kata Bramuda.

Sesuai data dari Disbudpar, selama tahun 2016 angka kunjungan wisatawan ke Banyuwangi meningkat pesat dibanding tahun-tahun sebelumnya. Berdasarkan Data Pengunjung Obyek dan Daya Tarik Wisata Tahun 2016, tercatat sebanyak 2,1 juta wisatawan Nusantara (Wisnu) yang datang ke Banyuwangi. Sedangkan wisatawan manca Negara (Wisman), tercatat sebanyak 74.663 orang yang datang dan menikmati keindahan Banyuwangi. “Kita optimis angka kunjungan wisatawan ke Banyuwangi akan terus meningkat pada tahun mendatang,” kata Bramuda. (bud)

Sumber | skhmemorandum.com

Koran Harian Memorandum 2016

Categorised in:

No comment for Peluang Industri Pariwisata Banyuwangi 2017, Ketersediaan SDM Masih Jadi Kendala

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*