Banyuwangi The Sunrise Of Java || Kota Festival || Jelajahi Banyuwangi, Anda Pasti Ingin Kembali
Menu Click to open Menus
Home » LAROS » Pelabuhan Ketapang Siap Hadapi Liburan Nyepi

Pelabuhan Ketapang Siap Hadapi Liburan Nyepi

(340 Views) March 21, 2017 11:47 am | Published by | No comment

– Rapat Koordinasi persiapan liburan Nyepi. (Memorandum – Muh Hujaini)

Banyuwangi, Memorandum – Jelang pelaksanaan Hari Raya Nyepi yang jatuh pada 28 Maret mendatang, pihak ASDP dan instansi terkait telah memantapkan persiapan. Skenario untuk arus penyeberangan kapal sudah dimatangkan. Begitu juga dengan kantung-kantung parkir untuk kendaraan yang akan menyeberang juga telah disiapkan.

Sejumlah instansi terkait melakukan rapat koordinasi di Pelabuhan Ketapang kemarin (20/3). Hadir dalam rapat tersebut pihak Kepolisian TNI, Dishub Propinsi dan Kabupaten, Syahbandar Ketapang dan Gilimanuk serta Gapasdap. “ Pada intinya semua sudah siap,” ujar General Manajer ASDP Ketapang, M. Yusuf Hadi.

Dalam kesempatan yang sama, Kepala UPP Ketapang, Ispriyanto, menyatakan, persiapan dari sisi laut pada hari H perayaan Nyepi sudah disiapkan 41 kapal. Kapal yang beroperasi setiap harinya ada 30 unit kapal dengan jumlah trip mencapai 270. Untuk dermaga juga sudah disiapkan secara maksimal.

Untuk jumlah trip pihaknya menyiapkan 3 skenario. Yakni Normal, Padat, dan Sangat Padat. Penetapan status masing-masing skenario akan disesuaikan dengan eskalasi kondisi saat itu. “Akan ditambahkan tripnya melihat eskalasinya,” ujarnya.

Untuk persiapan sisi darat, menurutnya sudah dilakukan pemaksimalan infrastruktur di pelabuhan termasuk area parkir dan ruang tunggu. Kantung-kantung parkir juga sudah disiapkan oleh pihak Kepolisian dan Dinas Perhubungan. Lokasi kantung parkir berada di wilayah terminal Kapuran, Pelindo dan Stasiun Banyuwangi Baru.

Untuk kelancaran arus masuk ke pelabuhan pihaknya meminta peran serta pengguna jasa. Caranya dengan lebih dulu mengisi manifest sebelum masuk pelabuhan. “Sehingga saat masuk pelabuhan bisa berjalan dengan lancar,”katanya.

Operasi pengamanan hari raya Nyepi ini dilaksanakan selama 7 hari yakni 3 hari sebelum, pada hari H dan 3 hari sesudah. Pelayaran terakhir dari pelabuhan Ketapang menuju Gilimanuk dilakukan pada pukul 23.00 WIB. Selanjutnya kapal akan menunggu di pelabuhan Gilimanuk sampai usai pelaksanaan Nyepi.

Pelabuhan akan di buka kembali pada tanggal 20 Maret tepatnya pukul 04.30 WIB atau pukul 05.30 WITA. Sehingga kapal pertama dari Pelabuhan Ketapang menuju Gilimanuk akan berangkat pada jam tersebut. “Jadi saat tiba di pelabuhan Gilimanuk sudah diatas pukul 06.00 WITA,” pungkasnya. (jai/bud)

Sumber | skhmemorandum.com

Koran Harian Memorandum 2016

Categorised in:

No comment for Pelabuhan Ketapang Siap Hadapi Liburan Nyepi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*