Banyuwangi The Sunrise Of Java || Kota Festival || Jelajahi Banyuwangi, Anda Pasti Ingin Kembali
Menu Click to open Menus
Home » BANYUWANGI FESTIVAL » Pebalap Jepang Kuasai Etape Pertama Tour de Banyuwangi Ijen

Pebalap Jepang Kuasai Etape Pertama Tour de Banyuwangi Ijen

(962 Views) October 16, 2014 8:55 pm | Published by | No comment

Banyuwangi – Etape pertama balap sepeda International Tour de Banyuwangi Ijen (ITdBI) yang menempuh jarak 180,7 kilometer, dari Pendopo Pemkab Banyuwangi menuju kawasan obyek wisata Pantai Pulau Merah, akhirnya dimenangi oleh pebalap asal Jepang dari tim Singha Infinite Cycling Thailand, Takei Kyosuke.

Kyosuke sukses mencetak catatan waktu 4 jam 58 menit 18 detik, atau unggul dengan selisih 12 detik dari Nandra Eko Wahyudi (Tim Jawa Timur) yang menguntitnya di posisi kedua. Di peringkat ketiga, ada nama pebalap Fukuda Shimpei (Aisan Racing Jepang) yang tertinggal 55 detik.

Chairman ITdBI Guntur Priambodo mengatakan, para rider pada etape pertama ini lumayan dipacu dengan rute menantang di mana terdapat dua titik adu kecepatan dan dua titik adu tanjakan. Titik adu kecepatan (sprint) pertama di kilometer ke 29,56 dan kilometer 77,83. Sementara rute tanjakan berada di kilometer 43,15 dan kilometer 52,27.

“Jumat besok, para rider akan memasuki etape kedua, dimana rutenya relatif flat. Para pebalap akan menempuh jarak 100 kilometer. Para rider akan melintasi jalanan di kawasan sisi selatan Banyuwangi. Melintasi sawah, dan sungai yang berkelok-kelok sepanjang jalan,” jelasnya.

Guntur mengatakan, etape kedua merupakan rute recovery setelah etape pertama para pebalap melewati sejumlah tanjakan dan rute yang panjang.

Baru pada etape ketiga, lanjut dia, para pebalap akan jatuh bangun dan berjuang habis-habisan. Karena etape ketiga adalah etape ”neraka” dengan jarak 201,7 kilometer. Para pebalap di etape ini akan memulai balapan start di Kecamatan Muncar dan finish di kaki Gunung Ijen. Gunung Ijen sendiri terkenal mempunyai kawah indah yang memancarkan api biru (blue fire).

Para pebalap pada etape ketiga akan melewati 14 kecamatan yang ada di Banyuwangi, di mana di akhir etape bakal “disiksa” tanjakan Gunung Ijen yang luar biasa menantang.

“Pebalap akan beradu pancal dengan kemiringan mencapai 45 derajat. Gunung Ijen sendiri memiliki ketinggian 2.799 meter di atas permukaan laut (mdpl),” kata Guntur.

Event ITdBI tahun 2014 sendiri memperebutkan hadiah Rp 700 juta dengan beberapa kategori, yaitu juara klasemen umum individual (yellow Jersey), juara umum adu kecepatan (green jersey), pebalap terbaik Indonesia (white jersey), dan juara umum tanjakan (red jersey). (beritasatu.com)

Categorised in:

No comment for Pebalap Jepang Kuasai Etape Pertama Tour de Banyuwangi Ijen

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*