Banyuwangi The Sunrise Of Java || Kota Festival || Jelajahi Banyuwangi, Anda Pasti Ingin Kembali
Menu Click to open Menus
Home » EKONOMI » Pasar Jadi Sasaran Peredaran Uang Palsu

Pasar Jadi Sasaran Peredaran Uang Palsu

(554 Views) December 22, 2015 7:26 pm | Published by | No comment

BANYUWANGI – Pasar tradisional menempati urutan tertinggi sebagai lokasi peredaran uang palsu. Pasar tradisional menjadi sasaran favorit pelaku peredaran uang palsu, karena kurangnya perhatian warga terhadap keaslian uang.

Kepala Perwakilan Bank Indonesia (BI) Perwakilan Jember, Achmad Bunyamin melalui Unit Akses Keuangan dan UMKM, Galih Budi Utomo mengungkapkan,  perhatian masyarakat akan keaslian uang saat bertransaksi membuat pasar menjadi sasaran empuk pengedar uang palsu.

“Masyarakat  di pasar, terutama pedagang  cenderung mengabaikan keaslian  uang yang diterima pembeli,” ucapnya dikonfirmasi melalui seluler kemarin (21/12). Selain itu, Galih juga menyebutkan minimnya penerangan pada pasar  juga bisa menjadi sasaran pengedar  uang palsu lebih leluasa menggunakan uang palsu di pasar.

Penerangan yang cukup dibutuhkan untuk memeriksa keaslian uang palsu. Bahkan beberapa tempat menggunakan lampu ultraviolet untuk mengecek uang. Setiap uang yang diterima sebaiknya diperiksa terlebih dahulu dengan cara 3D.

Yakni dilihat, di raba dan di terawang. “Uang asli saat diraba nominalnya timbul. Sementara uang palsu tidak timbul karena itu hasil cetak biasa,”  katanya.  BI Jember terus melakukan upaya untuk menekan peredaran uang palsu.

Beberapa langkah adalah  melakukan sosialisasi rutin ke  pusat keramaian seperti pasar dan mall, serta ke sekolah-sekolah. Selain itu BI juga menggalakkan  program gerakan nasional non  tunai (GNNT) ke daerah-daerah.

 Sementara itu data BI perwakilan Jember, temuan uang palsu pada Oktober mencapai 250 lembar. Sedangkan akumulasi Januari-Oktober tahun ini mencapai 3.185 lembar. Hampir setiap tahun peredaran uang palsu terus mengalami  kenaikan. (radar)
Categorised in:

No comment for Pasar Jadi Sasaran Peredaran Uang Palsu

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*