Banyuwangi The Sunrise Of Java || Kota Festival || Jelajahi Banyuwangi, Anda Pasti Ingin Kembali
Menu Click to open Menus
Home » BUDAYA » Para Wanita Banyuwangi Rayakan Hari Ibu ke 86

Para Wanita Banyuwangi Rayakan Hari Ibu ke 86

(1031 Views) December 23, 2014 10:47 am | Published by | No comment

BANYUWANGI – Tepat pada peringatan hari ibu, kaum wanita Banyuwangi, Senin (22/12),  merayakan hari spesial  itu bersama-sama. Para ibu yang tergabung dalam Gabungan Organisasi Wanita (GOW) ini terdiri dari berbagai unsur seperti PKK, Dharma Wanita Persatuan, Persit Kartika Chandra Kirana, Bhayangkari, Jalasenastri, Perwari, Dharmayukthi Karini (Pengadilan Negeri), Dharma Adiyaksa (Kejaksaan), Salimah, Aisyiah, PWRI, Piveri, Ikatan Perangkai Bunga Indonesia, HARPI Melati, Ikatan Istri Dokter Indonesia, IWAPI, serta para srikandi anggota DPRD Banyuwangi itu terlihat begitu menikmati perayaan yang dikhususkan bagi kaumnya ini.

Peringatan ini terasa makin istimewa dengan talkshow yang menghadirkan pembicara Umi Dayati.  Dosen Universitas Malang tersebut mampu mengajak seluruh hadirin lebur dalam suasana yang hangat dan cair, lewat tema peningkatan kualitas pemberdayaan perempuan yang dibawakannya secara atraktif. Mereka diajak untuk memahami peranan perempuan dalam keluarga dan masyarakat dengan metode yang menyenangkan, termasuk diantaranya melalui musik, lagu, joke-joke dan gerak badan.

Acara yang dilangsungkan di Pendopo Sabha Swagata Blambangan itu juga disertai dengan penyerahan santunan untuk anak-anak yatim dan sembako bagi janda lansia. Tak hanya itu, berbagai penghargaan untuk para wanita juga diberikan.

Menurut Ketua GOW Minuk Yusuf Widyatmoko, sengaja dalam kegiatan ini pihaknya memberikan apresiasi yang besar terhadap wanita.  Ada penyerahan trophy pemenang lomba perempuan berprestasi yang diadakan oleh GOW.  10 wanita telah terpilih sebagai perempuan berprestasi. Mereka adalah pahlawan-pahlawan bagi keluarga maupun lingkungan sekitarnya. Mereka yang terpilih ini merupakan wanita yang menjadi inisiator di bidang home industry, usaha keterampilan keluarga, pengembangan lingkungan hidup, pendidikan dan  organisasi kemasyarakatan. Ada pula 2 orang peserta yang terpilih secara spontanitas saat acara dilangsungkan sebagai ‘ibu luwes hari ini’.

Kegiatan  ini merupakan acara puncak dari peringatan hari ibu yang diadakan sebagai bentuk apresiasi terhadap semangat kaum perempuan yang berjuang jadi ibu yang baik bagi keluarganya.  Sebelumnya acara ini juga dirangkai dengan berbagai pelatihan bagi para ibu. Antara lain pelatihan pembuatan kue kering mulai dari cara pembuatan, penyimpanan hingga pemasarannya; pelatihan membuat hantaran pengantin;  pelatihan merias diri, penyuluhan kesehatan reproduksi perempuan sebagai upaya menghindari penyakit kanker rahim, termasuk ziarah ke Taman Makam Pahlawan pagi tadi dalam rangka memberikan doa dan penghormatan kepada para pahlawan.

Sekretaris Kabupaten (Sekkab) Slamet Kariyono yang membuka acara ini  memberikan ucapan selamat  kepada para ibu. “Selamat hari ibu untuk panjenengan semua. Tanpa peran serta para ibu, tak mungkin Banyuwangi berkembang sepesat ini. Tanpa peran ibu, tak mungkin kita punya generasi cerdas,”kata Sekkab Slamet.

Ke depan, Sekkab  mengajak para ibu untuk turut membantu mensukseskan program-program pemkab seperti penanggulangan kemiskinan, pemberantasan buta huruf dan berbagai program lainnya. “Pemkab juga akan terus mendorong berbagai kegiatan untuk para ibu dan memberikan tempat yang strategis,”pungkasnya.

Kegiatan ini diakhiri dengan pemotongan tumpeng sebagai bentuk syukur dan pembagian berbagai doorprize. (Humas & Protokol)

Categorised in: ,

No comment for Para Wanita Banyuwangi Rayakan Hari Ibu ke 86

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*