Banyuwangi The Sunrise Of Java || Kota Festival || Jelajahi Banyuwangi, Anda Pasti Ingin Kembali
Menu Click to open Menus
Home » PEMERINTAHAN » Pansus Raperda RDTR Ketapang Tinjau Lapangan

Pansus Raperda RDTR Ketapang Tinjau Lapangan

(740 Views) April 7, 2016 12:42 pm | Published by | No comment
Pansus RDRT Ketapang

Ketua Pansus RDRT Ketapang, Irianto

Banyuwangi, Memorandum – Panitia Khusus (Pansus) DPRD Kabupaten Banyuwangi, yang saat ini tengah melakukan pembahasan Raperda RDTR Kawasan Strategis Palebuhan Ketapang dan RDTR Bagian Wilayah Perkotaan Banyuwangi tahun 2015-2035, pekan depan berencana melakukan tinjau lapang ke kawasan pelabuhan Ketapang. “Kami ingin mengetahui secara jelas, dimana kawasan-kawasan yang nantinya akan dijadikan sebagai zona pergudangan, zona pemukiman, zona pertanian dan zona perdagangan,” kata Ketua Pansus, Irianto, kepada Memorandum, Rabu (6/4).

Menurutnya, Raperda RDTR Kawasan Strategis Pelabuhan Ketapang perlu mendapatkan koreksi yang lebih detail dari masyarakat sekitar yang tahu persis lingkungan yang ditempati sesuai dengan potensi wilayahnya. Tidak menutup kemungkinan berbagai permasalahan akan muncul ketika Raperda telah disahkan menjadi Perda. Maka dari itu, , kata Irianto, pihaknya berharap ada saran dan masukan dari masyarakat.

Dari pengamatan Memorandum, rencana pembangunan terminal terpadu di kawasan Ketapang, Banyuwangi telah masuk dalam materi Raperda RDTR Kawasan Strategis Pelabuhan Ketapang. Luas lahan yang dibutuhkan untuk pembangunan terminal tersebut seluas 2,78 Ha. Sedangkan terminal Sritanjung saat ini, nantinya akan dijadikan sebagai terminal kargo dengan luas lahan 5,86 Ha.

Selanjutnya untuk zona stasiun kereta api dipertahankan dilokasi yang telah ada, namun akan dikembangkan menjadi terminal terpadu atau terminal intermoda. Pengembangan tersebut mengarah dilahan timur stasiun,melalui pembebasan lahan sebelah utara dan selatan, tetapi jika pembebasan lahan menemui hambatan. Maka terminal intermoda akan dikembangkan pada lahan sebelah barat stasiun. Terminal intermoda adalah terminal angkutan umum yang terintegrasi dengan stasiun kereta api.

Sedangkan lokasi untuk zona industri menengah non polutif dan pergudangan, berada pada kawasan penyangga yang direncanakan disebelah barat rel kereta api,luas zona industri atau pergudangan dikawasan penyangga adalah 48,20 Ha. (ydi)

Sumber | Koran Harian Memorandum

Categorised in:

No comment for Pansus Raperda RDTR Ketapang Tinjau Lapangan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*