Banyuwangi The Sunrise Of Java || Kota Festival || Jelajahi Banyuwangi, Anda Pasti Ingin Kembali
Menu Click to open Menus
Home » PEMERINTAHAN » Pansus Kearsipan DPRD Mulai Kerja

Pansus Kearsipan DPRD Mulai Kerja

(716 Views) December 13, 2015 2:33 pm | Published by | No comment
Raperda Kearsipan

Umi Kulsum Ketua Pansus

Banyuwangi, Memorandum – Pansus Raperda Penyelenggaraan Kearsipan DPRD Kabupaten Banyuwangi, melalui melakukan pembahasan. Aturan perundangan pemerintah daerah Banyuwangi tersebut, bagian regulasi baru yang akan menjadi acuan guna mendokumentasikan semua arsip yang berkaitan dengan dokumen rahasia maupun umum.

Ketua Pansus, Umi Kulsum, SH mengatakan Raperda Penyelenggaraan Kearsipan ini sangat penting, karena arsip tersebut menyimpan dokumen-dokumen yang memiliki nilai sejarah. “Seluruh anggota Pansus berpendapat,keberadaan arsip sangat penting,walau disetiap SKPD Banyuwangi sudah mempunyai tenaga kearsipan, namun pengelolaan kearsipan masih belum optimal, sehingga banyak arsip penting yang tidak tertata dengan rapi,sehingga tidak sedikit yang hilang, contohnya arsip kependudukan” jelas Umi Kulsum saat wawancara dengan Memorandum, Jum’at (11/12) di ruang Fraksi Golkar-PAN DPRD Banyuwangi.

Dalam kelanjutan penyempurnaan Raperda, Umi Kulsum akan mengusulkan klausul yang mewajibkan Pemerintah Daerah untuk segera melakukan digitalisasi arsip, dengan tujuan untuk memaksimalkan pengamanan arsip.

“Ada konsep digitalisasi arsip,secara bertahap akan ditentukan yang mana hardcopy dan yang mana bisa disimpan dalam bentuk softcopy, akan dituangkan dalam Raperda” ungkap Umi Kulsum.

Kearsipan mempunyai kewajiban dan harus mengikuti perkembangan teknologi,informasi dan dipublikasikan meski harus di pilah-pilah. Sehingga setelah Raperda disahkan,tenaga arsip wajib memahami digitalisasi dengan konsep akademik dan aspek hukum, karena kearsipan sudah diatur dan memiliki payung hukum dengan adanya Undang-Undang yang mengatur tentang kearsipan.

Dikatakan oleh,Umi Kulsum, Raperda Penyelenggaraan Kearsipan akan mengakomodir semua aspek tehnologi informasi. Arsip sudah menjadi sumber informasi yang tidak bisa lagi dihindari, sehingga harus mudah diakses oleh masyarakat yang memerlukan. (ydi)\

Sumber : Koran Harian Memorandum

Categorised in:

No comment for Pansus Kearsipan DPRD Mulai Kerja

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*