Pansus DPRD Ingin Banyak Masukan Rakyat

1158 views
banner 468x60)

Tentang Raperda Kawasan Strategis Tumpang Pitu

Eko Hariyono, S Pd

Eko Hariyono, S.Pd

Banyuwangi, Memo – Setelah menggelar publik hearing Raperda Rencana Penataan Ruang Kawasan Strategis  (RPRKS) Tumpang Pitu dengan warga Kecamatan Pesanggaran, Sabtu (10/10). Pansus, akan membutuhkan banyak data, masukan dan pendapat dari masyarakat maupun Bappeda Kabupaten Banyuwangi sebelum menentukan setuju.

Ungkapkan Eko Hariyono, S.Pd anggota Pansus disampaikan kepada Memorandum, Minggu (11/10), via telepon selulernya.

Masukan pendapat masyarakat dalam public hearing akan dijadikan pertimbangan utama dalam pembahasan Raperda dimaksud. Mayoritas masyarakat sekitar zona pertambangan Tumpang Pitu berharap kepada Perusahaan tambang yang saat ini telah ataupun akan mengexploitasi Sumber Daya Alam di Desa Sumberagung dan Desa Kandangan Kecamatan Pesanggaran, wajib memiliki perencanaan yang mengambarkan hasil akhir dari pertambangan itu sendiri. “Perusahaan Tambang harus mempunyai perencanaan yang jelas terkait dengan manfaat produksi tambang terhadap pertumbuhan ekonomi, social serta lingkungan,” kata Eko.

Pada intinya masyarakat mendukung adanya regulasi yang akan mengatur tata ruang di Tumpang Pitu. Namun pengaturan kawasan pertambangan harus mampu memberikan manfaat dan perlindungan kepada masyarakat.

Selain itu, pemulihan lahan yang menjadi bagian aktifitas pertambangan harus dioptimalkan sehingga menjadi lahan yang produktif. Manfaat dari aktifitas pertambangan perlu dikonversi kedalam bentuk lain, agar pembangunan tetap dapat berlanjut dan dapat memberikan kesejahteraan . Untuk tahapan selanjutnya, Pansus Raperda RPRKS Tumpang Pitu berencana akan melakukan konsultasi ke instansi vertical di Jakarta. (ydi)

Sumber : Koran Harian Memorandum

banner 468x60)

Related Post

banner 468x60)

Leave a reply

*