Banyuwangi The Sunrise Of Java || Kota Festival || Jelajahi Banyuwangi, Anda Pasti Ingin Kembali
Menu Click to open Menus
Home » EKONOMI » OJK Luncurkan Program Keuangan Laku Pandai di Banyuwangi

OJK Luncurkan Program Keuangan Laku Pandai di Banyuwangi

(652 Views) October 15, 2015 6:44 pm | Published by | No comment

BANYUWANGI – Masyarakat di pelosok desa Banyuwangi kini bisa menjangkau layanan perbankkan dengan lebih dekat dan mudah. Sebab Otoritas Jasa Keuangan (OJK) telah melaunching layanan keuangan tanpa kantor dalam rangka keuangan inklusif  “Laku Pandai” di Kantor Desa Sumber Gondo, Kecamatan Glenmore, Kamis (15/10). Dengan program ini masyarakat bisa menabung di bank lewat para agen Laku Pandai terdekat.

Koordinator Pengawasan Lembaga Jasa Keuangan Wilayah Barat OJK, Adnan Djuanda mengatakan selama ini jumlah masyarakat Indonesia yang mengakses perbankkan inklusi baru 20 persen. Ini disebabkan berbagai faktor, seperti lokasi tempat tinggal jauh dari kantor bank, adanya biaya dalam pembukaan rekening, atau persyaratan yang memberatkan.

“Salah satu tujuan dari Laku Pandai adalah memberikan layanan keuangan yang sederhana, mudah dipahami, dan sesuai dengan kebutuhan masyarakat yang belum dapat menjangkau layanan keuangan saat ini. Masyarakat supaya bisa mengakses layanan keuangan sistem perbankan,” kata Aidil.

Dengan program Laku Pandai, kata Adnan diharapkan kegiatan ekonomi masyarakat bisa menjadi lebih lancar sehingga mendorong pertumbuhan ekonomi dan pemerataan pembangunan antarwilayah terutama antar desa. “Peningkatan akses layanan keuangan dapat mendorong laju pertumbuhan ekonomi serta meningkatkan distribusi pendapatan,” ujar Adnan. Saat ini di Banyuwangi sendiri sudah ada 3 bank yang menjalankan program ini yakni Bank BRI, Mandiri dan BNI.

Kepala OJK Jember, Aidil Chadir menambahkan, program laku pandai memiliki sasaran utama masyarakat kecil di desa-desa. Ada tiga produk pada program Laku Pandai yakni tabungan, kredit mikro dan asuransi mikro. Untuk pembukaan rekening tabungan masyarakat tidak dikenakan biaya administrasi, namun tetap mendapatkan bunga. “Saldo juga bisa ditarik sewaktu-waktu,” kata Aidil.

Dalam proses layanan keuangan Laku Pandai agen Laku Pandai menjadi kunci penting yang menjadi penghubung antara bank dan masyarakat.  Masing-masing bank penyelenggara Laku Pandai memiliki agen yang tersebar di desa-desa. Mereka terdiri atas agen perorangan maupun pemilik usaha yang telah memenuhi kriteria bank.

“Para agen inilah yang akan aktif mendatangi nasabah. Nasabah juga tidak perlu khawatir karena untuk setiap transaksi ada kuitansi dan tanda terima dan saldo dapat diakses melalui hp sewaktu-waktu,” kata Aidil.

Sementara itu Bupati Abdullah Azwar Anas yang saat itu hadir menyambut baik program Laku Pandai yang diluncurkan OJK ini. Ini merupakan cara baru yang membuat masyarakat bisa mengakses perbankan dengan mudah. “Kuncinya adalah sosialisasi kepada masyarakat agar semakin banyak yang mengetahui program dan bisa ikut menikmati layanan ini,” kata Anas.

Desa Sumbergondo sendiri selama ini telah melayani berbagai layanan jasa keuangan. Mulai dari menerima pembayaran dan pembelian listrik online, melayani transaksi pembayaran kredit otomotif, perumahan hingga layanan pengiriman uang. “Desa kami sudah biasa melakukan transaksi keuangan secara online karena akses internet disini bagus meski di desa. Dari hasil usaha ini rata-rata per bulan desa mendapatkan pemasukan berkisar Rp. 4 juta. Ini kami masukkan di Bumdes,” kata Kepala Desa Sumber Gondo Nurman Iswandi. (Humas Protokol)

Categorised in:

No comment for OJK Luncurkan Program Keuangan Laku Pandai di Banyuwangi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*