Banyuwangi The Sunrise Of Java || Kota Festival || Jelajahi Banyuwangi, Anda Pasti Ingin Kembali

Click to open Menus
Home » KRIMINAL » Ngaku Anggota BIN, Penjual Minyak Wangi Keliling Bawa Kabur Mobil

Ngaku Anggota BIN, Penjual Minyak Wangi Keliling Bawa Kabur Mobil

(863 Views) June 21, 2016 10:29 pm | Published by | No comment

Banyuwangi, Memorandum – Mengaku sebagai anggota  Badan Intelijen Negara (BIN), seorang pria membawa kabur sebuah mobil. Lelaki bernama Santoso, (46), warga Dusun Sumbermulyo, Desa Margomulyo, Kecamatan Glenmore inipun harus berurusan dengan Polisi. Dia kini menghuni ruang tahanan Polres Banyuwangi atas dugaan kasus penipuan dan penggelapan.

Peristiwa ini berawal saat tersangka yang sehari-hari bekerja sebagi penjual minyak wangi keliling ini hendak membeli mobil Suzuki Jimny dengan nopol DK 604 BF milik Totok Supriyono pada awal Nopember 2015 lalu. Dalam kesepakatan awal mobil tersebut akan dibayar setelah tersangka  panen Jahe. Selain itu juga disepakati sebelum mobil tersebut dibayar, tersangka dianggap menyewa. Kendaraan berwarna putih itupun diserahkan kepada  tersangka.

Selanjutnya, tanpa seizing korban, mobil tersebut dibawa ke wilayah Seririt, Buleleng, Bali. Di sana, tersangka menggadaikan mobil tersebut. Setelah sekian lama, tersangka tak kunjung membayar sewa mobil tersebut. Akhirnya korban melaporkan hal ini ke pihak  Kepolisian. “Dari laporan tersebut kita proses lalu tersangka kita amankan,” jelas Kapolres Banyuwangi AKBP Budi Mulyanto.

Dalam aksinya, lanjut lulusan Akpol tahun 1997 ini, tersangka mengaku sebagai anggota BIN dengan pangkat perwira menengah. Motif tersangka mengaku sebagai anggota BIN menurutnya tidak lain untuk memuluskan aksinya dengan cara menakut-nakuti korbannya. “Mengatasnamakan atribut tertentu untuk menakuti masyarakat itu pasti arahnya kepada penipuan,” tegasnya.

Dalam perkara ini pihaknya mengamankan sebuah BPKB kendaraan, mobil Suzuki milik korban, beberapa tanda pengenal organisasi semacaam lembaga swadaya masyarakat yang pakaiannya mirip dengan atribut  seragam tertentu. Dalam kasus ini tersangka dijerat dengan pasal 378 sub pasal 372 KUHP. Dihadapan Polisi, tersangka mengaku dirinya tidak pernah mengaku sebagai anggota BIN. Namun dirinya memang menjadi anggota sebuah lembaga yang seragamnya mirip dengan pakaian militer. “Saya tidak pernah mengaku sebagai anggota BIN, salah itu,” jelasnya. (jai)

Sumber | Koran Harian Memorandum

 

Categorised in:

No comment for Ngaku Anggota BIN, Penjual Minyak Wangi Keliling Bawa Kabur Mobil

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

you MUST enable javascript to be able to comment