Banyuwangi The Sunrise Of Java || Kota Festival || Jelajahi Banyuwangi, Anda Pasti Ingin Kembali
Menu Click to open Menus
Home » BUDAYA » Mualaf Ikut Khitanan Massal Ponpes Darul Huda

Mualaf Ikut Khitanan Massal Ponpes Darul Huda

(646 Views) July 18, 2016 9:33 pm | Published by | No comment

Mualaf Banyuwangi

Banyuwangi, Memorandun – Sebanyak 35 anak mengikuti khitanan masal, Minggu (17/7). Selain khitan massal, kegiatan yang diadakan di Ponpes Darul Huda tersebut juga dalam rangka penyelenggaraan Houl KH Abdul Wahab dan KH. Zawawi Wahab. Ada yang berbeda Pada acara ini. Kali ini, ada seorang mu’alaf bernama Kadek Agus (20) yang berasal Singaraja, Bali, juga ikut serta menjadi peserta khitan massal.

Ketua panitia khitanan maasal, Hadiyul Ikdam, mengatakan, kegiatan ini sudah berjalan puluhan tahun dan selalu dirangkai dengan khitanan masal. Sebelumnyam kata Hadiyul Ikdam, juga diadakan doa bersama di makam pendiri ponpes Daarul huda. “Untuk tahun ini kebetulan ada mualaf yang belum dikhitankan. Setelah masuk Islam, tentu khitan adalah hal yang wajib dilakukan. Sementara belum banyak lembaga sosial yang menggarap program khitan untuk para mualaf ini,” jelas Hadiyul.

Hadiyul menambahkan, untuk mualaf yang dikhitan ini dibedakan dengan peserta yang lain seperti tempat yang disendirikan karena malu. Selain dikhitan, para peserta khitanan massal memperoleh bingkisan alat shalat serta uang saku. “Alhamdulilah, banyak orangtua yang ikhlas untuk menkhitankan anak-anaknya cukup tinggi. Padahal tempat tinggal sebagian besar peserta jaraknya lumayan jauh,” terangnya.

Seorang mualaf peserta khitan massal, Kadek Agus mengungkapkan sebenarnya dia sudah menikah dan istrinya kebetulan orang Banyuwangi dan beragama Islam dan sesuai syariat agama jika seorang mualaf harus dikhitan sama dengan muslim lainnya. Dirinya merasa bersyukur dan terima kasihnya atas kegiatan ponpes ini “Kami bersyukur dengan acara khitanan massal ini, alhamdulillah ada saudara kami yang belum pernah berjumpa dengan kami tapi peduli dengan kesehatan kami disini,” ungkap Kadek. (coi)

Sumber | Koran Harian Memorandum

Koran Harian Memorandum 2016

Categorised in: ,

No comment for Mualaf Ikut Khitanan Massal Ponpes Darul Huda

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*