Banyuwangi The Sunrise Of Java || Kota Festival || Jelajahi Banyuwangi, Anda Pasti Ingin Kembali
Menu Click to open Menus
Home » LAROS » Misteri Sumur Sritanjung

Misteri Sumur Sritanjung

(1970 Views) July 31, 2016 6:46 pm | Published by | No comment

Misteri Sumur Tua Di Halaman Belakang Pendopo Bupati Banyuwangi

Benarkan Itu Tempat Tinggal Putri Sritanjung?

Misteri Sumur Sritanjung

Banyuwangi, Memorandum – Menurut Cerita legenda, berdirinya Kota Banyuwangi berawal dari kisah pengorbanan Putri Sritanjung. Konon, sang Putri telah difitnah oleh Raja, Prabu Sulah Hadi Kromo, bahwa sang putri telah berbuat serong dengannya. Maka, untuk membuktikan kebenaran dan kesetiaannya terhadap sang suami, Sidopekso, Putri Sritanjung pun berujar; “Saya akan menceburkan diri ke dalam air ini. Bila nanti airnya keruh dan bau, berarti apa yang dituduhkan Raja itu benar adanya. Tetapi bila air ini berubah harum mewangi, berarti apa yang dikatakan Raja itu adalah fitnah,” ucap Putri Sritanjung, sembari melompat masuk kedalam air.

Alkisah, air danau yang menangkup tubuh sang putri, kemudian berubah menjadi jernih dan semerbak harum mewangi. Disaat itulah, Sidopekso dengan penuh penyesalan berkata; “Banyu, Wangi…!!

Penggalan kisah tersebut merupakan bagian dari serangkai cerita yang sudah sangat melegenda dan dikenal dimana-mana, yakni tentang asal-muasal Kota Banyuwangi. Benarkah demikian? Terlepas dari benar-tidaknya kisah legenda tersebut, yang jelas, nama Sritanjung seakan sudah sangat identik dengan Banyuwangi. Beberapa

Dari penelusuran Memorandum, di Banyuwangi terdapat beberapa peninggalan kuno yang dipercaya sebagai jejak Putri Sritanjung. Salah satunya adalah sebuah sumur tua yang terdapat di pojok halaman belakang Pendopo Sabha Swagata Blambangan, tempat tinggal Bupati Banyuwangi. Konon, sumur tua itu adalah bagian dari Danau tempat sang Putri menerjunkan diri untuk membuktikan kesucian dirinya.

Berdasarkan penglihatan seorang gadis indigo, Rista (21), warga Lingkungan Mojoroto, Kelurahan Mojopanggung, benar bahwa Putri Sritanjung memang bermukim di sumur tua tersebut. “Dengan diantar oleh petugas Satpol PP, beberapa hari lalu saya sengaja datang ke sumur itu. Saat itu, saya langsung disambut dengan bau harum yang sangat kuat. Lalu, saya terkejut, ketika dari dalam sumur kemudian muncul sosok wanita yang sangat cantik. Busananya putih bersih, rambutnya disanggul, degan hiasan bunga melati. Seperti seorang pengantin,” ungkap Rista kepada Memorandum.

Benarkah itu Putri Sritanjung?. “Saya tidak tahu namanya siapa. Yang saya tahu, dia hanya menatap tajam kearah saya, seakan ada yang ingin dia sampaikan. Raut wajahnya sangat cantik. Saya menangkap, ada kegelisahan di wajahnya. Mungkin itu yang ingin dia sampaikan, entah tentang apa,” ungkap Rista.

Menurut Rista, sosok yang dilihatnya adalah sosok yang familiar dan jauh dari sikap amarah. Namun, kata Riska, bila ada hal-hal yang menyimpang terkait dengan keberadaannya, dia tak akan segan untuk menegur dengan caranya sendiri. “Jadi untuk hal-hal yang menyangkut dia, misalnya menggunakan namanya, atau kegiatan apapun yang menyangkut kisahnya, sebaiknya datang untuk permisi dulu kepadanya, agar tidak sampai terjadi apa-apa,” tandasnya.

Rista menjelaskan, dari penglihatan mata-bathinya, sumur tua itu sebenarnya tidak terlalu dalam. Namun didalamnya ada tempat berlapis-lapis. Selain itu, pada satu sisinya terdapat sebuah lorong yang bisa tembus hingga ke laut. Sesekali, Putri Sritanjung akan muncul di sumur tua itu bila ada sebuah permasalahan. Wallahu A’lam…!! (bud)

Sumber | Koran Harian Memorandum

Koran Harian Memorandum 2016

Categorised in:

No comment for Misteri Sumur Sritanjung

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*