Banyuwangi The Sunrise Of Java || Kota Festival || Jelajahi Banyuwangi, Anda Pasti Ingin Kembali
Menu Click to open Menus
Home » BANYUWANGI FESTIVAL » Menteri Pariwisata Bantu Promosi Wisata Banyuwangi Rp1,5 Miliar

Menteri Pariwisata Bantu Promosi Wisata Banyuwangi Rp1,5 Miliar

(1159 Views) March 2, 2015 7:32 pm | Published by | No comment

JAKARTA – Kementerian Pariwisata tahun ini mendukung promosi pariwisata Banyuwangi dengan dana Rp 1,5 miliar. Dana itu akan difokuskan untuk mempromosikan Banyuwangi Festival 2015, terutama pada atraksi wisata yang berskala besar seperti Festival Gandrung Sewu, International Tour de Banyuwangi Ijen, dan Banyuwangi Ethno Carnival.
“Kita bantu promosi di atraksi wisata yang bisa tarik perhatian wisatawan dalam skala besar, baik wisatawan asing maupun domestik,” kata Menteri Pariwisata Arief Yahya saat peluncuran Banyuwangi Festival 2015 di Jakarta, Sabtu (28/2).
Banyuwangi Festival adalah agenda wisata tahunan yang digelar sejak 2012. Dalam setahun, terdapat lebih dari 30 event wisata, mulai wisata budaya hingga olahraga (sport tourism).
Arief memuji inisiatif Banyuwangi yang dalam tiga tahun terakhir rutin menghelat berbagai atraksi wisata. Semakin banyak daerah punya inisiatif menghadirkan atraksi wisata, pengembangan dunia pariwisata nasional bakal semakin cepat.
Namun, Arief menyadari bahwa promosi masih menjadi kendala. Tidak hanya bagi daerah, pemerintah pusat juga mempunyai banyak keterbatasan dalam upaya melakukan promosi. Saat ini memang ada sarana promosi melalui media sosial yang pada dasarnya cukup murah bahkan gratis, namun tetap dibutuhkan tim yang kuat dengan biaya yang tak sedikit. Adapun promosi iklan baik di media maupun iklan luar ruang juga memerlukan biaya. Demikian pula aktivasi melalui event di berbagai tempat publik butuh biaya yang tak murah.
“Promosi ini penting. Kalau ada yang bilang potensi destinasi itu tak perlu dipromosikan, berarti orang itu pemahamannya inward looking. Malaysia, Thailand, Tiongkok, dan Singapura; semuanya promosi besar-besaran,” tutur mantan dirut PT Telekomunikasi Indonesia Tbk (Telkom) tersebut.
Karena itulah, sambung Arief, apa yang sudah dilakukan Banyuwangi untuk mengembangkan pariwisatanya perlu didorong lebih kuat melalui promosi yang masif. “Kementerian Pariwisata punya jaringan. Kami siapkan dananya juga. Saya janji, jika tahun ini Banyuwangi tampil lebih bagus dengan semakin banyak wisatawan, tahun depan saya naikkan fasilitasi promosinya,” ujarnya.

Arief juga berharap pariwisata bisa menjadi leading sector di Banyuwangi yang dipadukan dengan sektor pertanian. “Leading sector berarti semua ikut mendukung. Dinas Pekerjaan Umum bangun jalannya, dinas lain bantu pengembangan kerajinan rakyatnya dan sebagainya,” jelas Menpar Arief.
Namun, untuk wisata minat khusus petualangan, pendekatannya berbeda. Misalnya, kondisi jalan dibiarkan apa adanya, bahkan diperlukan kendaraan untuk melintasi sungai demi memacu adrenaline wisatawan. “Karena pariwisata itu ada segmen pasarnya masing-masing,” ujarnya.
Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas berterima kasih atas fasilitasi dari Kementerian Pariwisata. Pengembangan wisata di daerahnya terus didorong. Untuk menjamin keberlanjutannya, disusun Peraturan Daerah terkait pariwisata sehingga kebijakannya bisa berkesinambungan meski kelak berganti pemimpin daerah.
“Kami berterima kasih kepada Pak Arief Yahya yang terus mendukung pengembangan pariwisata daerah. Pariwisata ikut membantu menggerakkan ekonomi Banyuwangi, bahkan sektor ini lebih cepat mendatangkan perputaran ekonomi dibanding sektor lain seperti industri,” ujar Bupati Anas. (Humas protokol)

Categorised in: ,

No comment for Menteri Pariwisata Bantu Promosi Wisata Banyuwangi Rp1,5 Miliar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*