Banyuwangi The Sunrise Of Java || Kota Festival || Jelajahi Banyuwangi, Anda Pasti Ingin Kembali
Menu Click to open Menus
Home » EKONOMI » Menhub Pastikan Perpanjang Runway Bandara Blimbingsari Tahun 2015

Menhub Pastikan Perpanjang Runway Bandara Blimbingsari Tahun 2015

(1015 Views) December 29, 2014 8:49 pm | Published by | No comment

BANYUWANGI – Perpanjangan landasan pacu bandar udara Blimbingsari yang sempat tertunda pada tahun 2014 ini, dipastikan akan dibangun tahun depan. Hal ini disampaikan Menteri Perhubungan RI Ignasius Jonan saat melakukan kunjungan kerja di Banyuwangi, Sabtu (27/12).

Jonan mengatakan proyek Kementrian Perhubungan di Banyuwangi pada APBN 2015 adalah pengembangan fasilitas bandara Blimbingsari. Salah satunya adalah perpanjangan runway menjadi 2250 meter, dari yang sebelumnya 1800 meter.

“Untuk Banyuwangi , tahun 2015 ini proyeknya hanya di bandara. Perpanjangan runway di atas 2000 meter. Karena kami akan fokus pada pengembangan infrastruktur lain di luar Jawa, seperti pembangunan rel kereta api di Sumatera dan Kalimantan,” ujar mantan Dirut PT KAI saat meninjau stasiun kereta api Banyuwangi Baru.

Kepala Bandara Blimbingsari Andi Hendra menambahkan, setelah sempat tertunda pembangunannya, perpanjangan runway bandara Blimbingsari akhirnya akan terealisasi pada tahun 2015 mendatang. Perpanjangannya mencapai 450 meter dengan lebar 30 meter.

Seiring dengan perpanjangan ini,  lanjut Andi, pengerasan landasan pacu juga akan ditambah. Dari yang semula Pavement Classification Number (PCN) 16 menjadi 21. “Dengan runway yang lebih panjang dan penambahan PCN, menjadikan Blimbingsari bisa didarati pesawat jenis airbus 737. Apalagi tahun ini kami menambah bangunan apron,” kata Andi.

Pemkab Banyuwangi sendiri tengah membangun terminal Bandara Blimbingsari dengan konsep green airport. Bandara yang mengusung konsep hijau dan low energy yang pertama di Indonesia ini akan beroperasi tahun depan. Bandara hijau ini didesain oleh arsitek Andra Matin.

Selain mengunjungi stasiun Banyuwangi Baru, Jonan yang tiba di Banyuwangi via kapal fery di Pelabuhan Ketapang Banyuwangi ini  juga mengunjungi sekolah pilot di kawasan Bandara Blimbingsari, Loka Pendidikan dan Pelatihan Penerbang Banyuwangi (LP3B), pada Minggu pagi (28/12). Di sekolah yang berdiri sejak 2013 ini, Jonan pun menyempatkan diri mencoba simulator pesawat serta melihat pesawat latih terbang jenis Tobago TB-10. (humas protokol)

Categorised in:

No comment for Menhub Pastikan Perpanjang Runway Bandara Blimbingsari Tahun 2015

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*