Saturday, August 8, 2020
Home LAROS Masyarakat Merasa Puas Atas Kinerja Pemkab Banyuwangi

Masyarakat Merasa Puas Atas Kinerja Pemkab Banyuwangi

Berdasarkan Survey yang dilakukan oleh Lembaga Survey Indonesia (LSI), 91,4 persen masyarakat menyatakan puas atas kinerja Pemkab Banyuwangi. Sebagaimana dipaparkan dihadapan SKPD, Camat dan seluruh Kepala Desa di Ruang Rempeg – Jagapati, Jum’at (16/10) lalu, LSI mengungkapkan bahwa kepuasan masyarakat terhadap kinerja pemkab dalam mengatasi permasalahan di kabupaten ini dinilai sangat berhasil dan cukup berhasil hingga mencapai 88,6 persen penduduk.

Secara umum, kepuasan masyarakat terhadap kondisi umum di Kabupaten Banyuwangi juga mengalami peningkatan dibandingkan survei terakhir yang dilakukan pada April 2015 lalu. Di bidang keamanan sebanyak 93 persen responden menyatakan keamanan di Banyuwangi dalam kondisi sangat baik dan baik. Kondisi penegakan hukum dianggap sangat baik atau baik sebesar 70, 2 persen, sebelumnya hanya 61,1 persen. “Keadaan ekonomi dinilai sangat baik dan baik sebesar 59,8 persen meningkat dari bulan April yang hanya 44,8 persen dan keadaan politik dinilai sangat baik atau baik oleh 66,1 persen responden dari sebelumnya yang hanya 39,5 persen,” kata surveyor LSI, Rully.

Yusuf Widyatmoko saat menerima tamu dari Kementrian Perhubungan Jakarta

Sementara terkait kondisi perkembangan usaha dan bisnis, responden yang menyatakan bisnisnya berkembang sebanyak 59,5 persen dan yang menyatakan bisnisnya sangat berkembang sebesar 4,8 persen. “Namun untuk jumlah ketersediaan lapangan pekerjaan baru 43,4 persen yang menyatakan sangat cukup atau cukup, sisanya lebih dari 50 persen masih manyatakan kurang. Begitu juga dengan kepuasan masyarakat dalam upaya pemerintah menangani pengangguran baru 45,5 persen yang menyatakan puas. Ini menjadi beberapa catatan yang harus diperhatikan oleh pemerintah,” jelas Rully.

Selanjutnya penilaian masyarakat terhadap kondisi infrastruktur dalam setahun terakhir seperti jalan-jalan angkutan darat, udara, laut, sungai, jembatan, pelabuhan, bandara dan telekomunikasi cukup memuaskan dimana 62,5 persen responden menyatakan sangat baik atau baik. Secara khusus untuk kondisi jalan kabupaten, dinilai sangat bagus oleh responden sebanyak 75,9 persen dan sangat bagus 14,3 persen. Kondisi jembatan yang menghubungkan antar desa atau kecamatan, 70 persen responden menjawab kondisinya cukup baik. Sementara tentang citra Banyuwangi di mata mayarakat, survey LSI hasil menyatakan bahwa 93 persen masyarakat menyatakan bangga menjadi warga Banyuwangi. “Kebanggaan masyarakat akan daerah terus meningkat di setiap periode survei yang kami lakukan,” ungkap Rully.

Secara khusus LSI juga mengukur kepuasan masyarakat terhadap pelaksanaan even Banyuwangi Festival. Mayoritas masyarakat atau sebanyak 89,2 persen menyatakan suka terhadap semua rangkaian B-Fest dan menginginkan agar tahun depan diadakan lagi. Di antara puluhan even B-Fest yang paling banyak dihadiri oleh masyarakat adalah International Tour de Ijen, Gandrung Sewu dan Banyuwangi Ethno Carnival (BEC).

Diluar itu, LSI juga memotret tingkat kepuasan masyarakat terhadap penanganan masalah yang dilakukan oleh Pemkab Banyuwangi. Untuk penanganan masalah fasilitas kesehatan dan pengobatan, 84,8 persen menyatakan sangat puas atau cukup puas. Masalah pendidikan 80,9 persen cukup puas atau sangat puas, mempermudah pelayanan kantor bagi masyarakat 73, 2 persen cukup puas dan sangat puas, memberantas praktek korupsi di pemda 51,4 persen menyatakan cukup puas dan sangat puas.

 “Semua keberhasilan ini bisa kita capai karena adanya peran aktif dan dukungan masyarakat. Tanpa itu, mustahil keberhasilan ini bisa kita capai,” ungkap Yusuf menanggapi hasil survey LSI. Namun demikian, lanjutnya, dibalik peran aktif masyarakat itu ternyata juga ada sosok lain yang sangat berperan dan turut mendorong keberhasilan Banyuwangi. Sosok tersebut adalah istri Bupati dan Wakil Bupati yang selama ini setia sebagai pendamping dan berpersan aktif dibidangnya.

Dukungan dan peran serta istri juga sangat penting. Dia juga turut menentukan semua keberhasilan yang kita capai ini. Pada kesempatyan ini, saya sampaikan terimakasih yang sebesar-besarnya kepada Istri saya, Minuk Uliawati, yang selama ini cukup mampu bekerjasama dengan Bu Dani Azwar Anas dalam menggerakkan PKK di Banyuwangi,” ungkapnya. (bud/ydi)

Sumber : Koran Harian Memorandum

MEMORANDUM

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

*

Most Popular

Hasil Rapid Test 22 Tenaga Medis Banyuwangi Reaktif, Fraksi PKB: Ini Serius

KABAR RAKYAT - Hasil rapid test 22 orang tenaga medis di Kabupaten Banyuwangi menunjukan hasil reaktif. Hal ini menjadi perhatian serius Fraksi Partai Kebangkitan...

Dinas Pertanian Pangan Minta Masyarakat Hati-hati Beli Daging Murah

KABAR RAKYAT - Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Banyuwangi menghimbau masyarakat agar berhati-hati dalam membeli daging sapi dengan tidak tergiur harga murah. Apalagi pada...

Empat Orang Warga Sarongan dan Kandangan Diamankan Reskrim Polresta Banyuwangi

KABAR RAKYAT -  Empat orang diduga pelaku perusakan dan pengeroyokan, tiga fasilitas gedung dan lima orang petugas pada Balai Taman Nasional Meru Betiri (BTN-MB)...

Pasien Positif Corona di Banyuwangi Kini Bertambah Satu Orang Lagi

BANYUWANGI – Pasien positif terinfeksi virus corona (Covid-19) di Banyuwangi hari ini, Minggu (17/5/2020), bertambah 1 orang sehingga menjadi lima orang. Pasien terbaru atau...

Recent Comments

infobanyuwangi on Pengeroyok Pemuda Krajan Dibui
infobanyuwangi on Kopdar IM Banyuwangi ke-2
mohammad taufiqurrohim on Program Beasiswa BANYUWANGI CERDAS
Live Update COVID-19 Indonesia