Banyuwangi The Sunrise Of Java || Kota Festival || Jelajahi Banyuwangi, Anda Pasti Ingin Kembali
Menu Click to open Menus
Home » KRIMINAL » Maling Spesialis Rumah Didor

Maling Spesialis Rumah Didor

(361 Views) May 13, 2017 12:28 pm | Published by | No comment

– Tiga komplotan pencuri spesialis dalam rumah yang dibekuk Polisi. (Memorandum – Muh Hujaini)

Banyuwangi, Memorandum – Polisi menangkap 3 orang anggota komplotan pencuri spesialis dalam rumah kemarin (12/5). Ketiga orang ini dihadiahi timah panas karena hendak kabur saat dilakukan penangkapan. Selain ketiga pelaku utama ini, Polisi juga mengamankan dua orang yang membantu aksi pencurian tersebut.

Ketiga pelaku utama yang ditangkap adalah Slamet, (24), warga Desa Gambirono, Kecamatan Bangsalsari, Jember, Ulum, (34) dan Riyanto alias Mat,  (39), keduanya tinggal di Dusun Jatisari, Desa Tisnogambar, Kecamatan Bangsalsari, Jember. Sedangkan dua orang yang membantu mengantar mereka ke lokasi pencurian adalah Nurdiyanto,  warga Muncar dan Topan, warga Tegaldlimo.

Ketiga orang ini melakukan aksi pencurian rumah Nurkhoiri, warga Dusun Krajan, Desa Ringin Putih,  Kecamatan Muncar, pada 29 April lalu. Dalam pencurian yang terjadi sekitar  pukul 01.00 WIB itu  para pelaku memiliki peran masing-masing. “Tersangka Riyanto dan Slamet bertugas masuk ke dalam rumah, sedangkan Ulum dan satu pelaku yang masih buron berjaga di luar rumah,” kata Kasat Reskrim Polres Banyuwangi AKP Dewa Putu Prima Yogantara Parsana.

Polisi yang biasa dipanggil Dewa ini  menyatakan, Riyanto dan Slamet masuk ke dalam rumah dengan cara mencongkel jendela depan rumah. Jendela itu  dicongkel dengan obeng yang sudah disiapkan. Begitu berhasi masuk mereka kemudian mengambil 3 unit HP dan dua unit sepeda motor masing-masing Honda Vario dan Grand.

Setelah mendapatkan laporan dari korban, Polres Banyuwangi segera menerjunkan tim Resmob untuk menyelidiki kasus tersebut. Hanya dalam waktu kurang lebih 10 hari, Polisi berhasil mengidentifikasi pelakunya. “Dua pelaku kita tangkap di dekat Bangsalsari dan satu  pelaku kita tangkap  di rumahnya,” jelas Dewa.

Proses penangkapan pelaku tidak berjalan dengan  mudah. Menyadari kehadiran petugas, para pelaku mencoba kabur. Tak ingin kehilangan buruannya, petugas terpaksa melakukan tindakan tegas. Ketiganya dilumpuhkan dengan tembakan di kaki. Merekapun digelandang ke Polres Banyuwangi untuk pemeriksaan lebih lanjut.

Dari penangkapan komplotan ini, Polisi berhasil mengamankan dua unit HP merek Advan dan satu unit sepeda motor Honda Grand hasil curian. Untuk sepeda motor Vario saat ini masih dalam pencarian petugas. “Keterangan tersangka motor itu sudah dijual seharga Rp 2,5 juta, uangnya sudah dibagi rata,”  ungkap Polisi berkacamata ini.

Dari penangkapan kedua orang inilah Polisi akhirnya mendapatkan nama Nurdiyanto dan Topan. Mereka direkrut oleh tersangka yang  kini masih buron. Tugas kedua orang ini membonceng para pelaku menuju rumah korban. “Mereka juga mendapatkan bagian dari hasil pencurian,” tegasnya.

Tiga tersangka  utama di jerat dengan pasal 363 ayat (1) ke 3, 4 dan 5. Sementara Nurdiyanto dan Topan dijerat dengan pasal 55 jo pasal 363 ayat (1) ke 3, 4 dan 5. (jai/bud)

Sumber | Surat Kabar Harian Memorandum

Categorised in:

No comment for Maling Spesialis Rumah Didor

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*