Banyuwangi The Sunrise Of Java || Kota Festival || Jelajahi Banyuwangi, Anda Pasti Ingin Kembali
Menu Click to open Menus
Home » PARIWISATA » Majukan Pariwisata, Pelaku Wisata dan Ekonomi Kreatif Teken Kesepakatan

Majukan Pariwisata, Pelaku Wisata dan Ekonomi Kreatif Teken Kesepakatan

(933 Views) June 19, 2014 1:35 am | Published by | No comment

tanda tangan pariwisataBANYUWANGI – Babak baru pariwisata Banyuwangi telah dimulai. Setelah Pemerintah daerah gencar mempromosikan pariwisata di kabupaten Sunrise Of Java ini, kini giliran para pelaku pariwisata dan ekonomi kreatif menunjukkan komitmennya dalam peningkatan pariwisata Banyuwangi dengan menandatangani nota kesepakatan dan kesepahaman bersama.

Penandatanganan tersebut diikuti oleh Ketua DPC Himpunan Pramuwisata Indonesia Banyuwangi, Elly Irwan S.; Ketua BPC Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) H. Asma’I Hadi; Ketua Asosiasi Kuliner, Kerajinan dan Batik Banyuwangi (AKAB), Syamsudin; Ketua Asosiasi Travel Agent (ATA), Yoyok Mulyo Suryanto; Ketua Paguyuban Taxi Using Transport, Drs. Ishadi; dan Pengurus Transwisata Banyuwangi, Mohammad Didik dan disaksikan langsung Bupati Abdullah Azwar Anas. Turut Hadir Asisten Administrasi Pembangunan dan Kesejahteraan Rakyat, Wiyono, Plt Kadis Kebudayaan dan Pariwisata, Bramuda Yanuarto, Kadis Perhubungan Komunikasi dan Informasi Suprayogi, Kepala Dinas Perindustrian Perdagangan dan Pertambangan Hary Cahyo Purnomo, Plt. Kepala Dinas koperasi dan usaha Kecil dan Menengah Alief Rahman. Plt Kadisbudpar Bramuda Yanuarto mengatakan, dalam kesepakatan itu ada delapan kode etik yang disetujui oleh pelaku usaha pariwisata dan kreatif. Diantaranya bersedia dan sepakat memberikan pelayanan secara maksimal kepada para pengguna jasa pariwisata dan ekonomi kreatif, bersedia dan sepakat untuk memberikan pelayanan informasi pariwisata secara benar dan akurat serta selalu menjagacitra dan nama baik pariwisata dan ekonomi kreatif Kabupaten Banyuwangi. “selain itu mereka sepakat untuk memberikan perlindungan, keamanan dan kenyamanan secara maksimal kepada para pengguna jasa pariwisata, sepakat tidak saling menjatuhkan atau melakukan persekongkolan dalam melakukan usaha pariwisata dan ekonomi kreatif di Banyuwangi,” kata Bramuda.

Dalam kesepakatan, lanjut Bramuda juga tercantum konsekuensi apabila melanggar nota kesepakatan berupa teguran yang akan diproses dan dikaji melalui pertimbangan secara mendalam melalui rapat pengurus dinas/instansi teknis selaku pembina masing-masing pihak. “Ini untuk menjaga persaingan yang sehat diantara pelaku usaha,” kata Bram Sementara itu Bupati Abdullah Azwar Anas mengapresiasi adanya komitmen para pelaku usaha dan ekonomi kreatif dalam memajukan pariwisata Banyuwangi. Bupati pun menegaskan jika tanggung jawab kemajuan pariwisata daerah tidak hanya ada di pundak pemerintah namun semua stakeholder harus terlibat. “Inisiatif dan kemandirian justru akan cepat melesatkan pariwisata dan sudah terbukti di daerah yang pariwisatanya maju seperti Bali dan Jogjakarta,” kata Bupati. Sementara itu salah Ketua Asosiasi Travel Agent, Yoyok Mulyo Suryanto mengungkapkan adanya perkembangan pariwisata di Banyuwangi. Peningkatan ini sangat dirasakan terutama dua tahun terakhir. Bahkan travel agentnya saat ini kekurangan SDM untuk tenaga supir dan pemandu wisata. “Sebelumnya tidak pernah dapet wisatawan asing sekarang banyak dari Amerika dan Eropa. Sebulan bisa dapet rombongan tur 5-6 kali,” ungkap Yoyok. (Humas Protokol)

Categorised in:

No comment for Majukan Pariwisata, Pelaku Wisata dan Ekonomi Kreatif Teken Kesepakatan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*