Banyuwangi The Sunrise Of Java || Kota Festival || Jelajahi Banyuwangi, Anda Pasti Ingin Kembali
Menu Click to open Menus
Home » LAROS » Made Cahyana Negara Himbau Pemogok Makan Hentikan Aksinya

Made Cahyana Negara Himbau Pemogok Makan Hentikan Aksinya

(1439 Views) March 20, 2016 10:18 am | Published by | No comment
Ketua DPRD Banyuwangi, Made Cahyana Negara, SE

Ketua DPRD Banyuwangi, Made Cahyana Negara, SE

Banyuwangi, Memorandum – Ketua DPRD Banyuwangi, Made Cahyana Negara, SE., mengaku prihatin terhadap kondisi warga Kecamatan Pesanggaran yang tengah melakukan aksi mogok makan di depan TMP Banyuwangi. Menurut Made, apa yang dilakukan oleh warga Pesanggaran itu adalah hak mereka untuk memperjuangkan apa yang mereka inginkan. “Sebagai sesama warga Banyuwangi, saya turut prihatin dengan kondisi mereka,” kata Made, saat dihubungi melalui handphone-nya, Sabtu (19/3) kemarin.

Dari pantauan Memorandum, pucuk pimpinan DPRD Banyuwangi itu adalah pejabat pertama yang menyempatkan diri datang untuk nyambangi para pemogok makan, pada Jum’at (18/3) sore. Saat itu, kepada wartawan Made menjelaskan, kedatanganya untuk nyambangi para pemogok makan itu adalah inisiatif pribadinya sebagai sesama warga Banyuwangi. “Kedatangan saya ini bukan dalam ranah dukung-mendukung terhadap aksi dan keinginan mereka. Ini saya lakukan semata-mata karena sisi kemanusiaan. Sebagai sesama warga Banyuwangi, kita turut prihatin,” ungkapnya.

Menurut Made, aksi yang dilakukan oleh belasan orang warga Kecamatan Pesanggaran itu adalah hak mereka untuk memperjuangkan keinginannya. Namun demikian, kata Made, ada cara-cara lain yang lebih baik yang bisa ditempuh oleh warga. “Kita paham tentang apa yang mereka inginkan. Dan aksi yang mereka lakukan itu adalah hak mereka. Namun, akan lebih baik bila mereka menggunakan cara-cara lain untuk itu, misalnya dengan menempuh jalur hukum. Seperti gugatan class action yang sudah mereka ajukan beberapa hari lalu, itu sudah tepat. Jadi warga harus bersabar, karena gugatan itu masih dalam proses,” kata Made, saat dihubungi melalui handphone-nya, Sabtu (19/3) kemarin.

Made menegaskan, apa yang menjadi tuntutan para pemogok makan itu bukanlah masalah sederhana yang mudah untuk dipenuhi, karena sudah menjadi ranah pemerintah pusat. “Kita di daerah tahunya bahwa izin pertambangan itu sudah lengkap. Itu saja. Kalaupun warga merasa masih ada ganjalan, ya sampaikan saja melalui jalur hukum,” tegasnya.

Sementara itu, Anggota DPRD asal Kecamatan Pesanggaran, Andy Purwanto, mengaku prihatin dengan sikap pemerintah daerah yang dinilainya tidak mau tahu terhadap aksi yang dilakukan warga. “Pemerintah seharusnya tidak tutup mata tutup telinga dengan aksi warga itu. Harus ada langkah dan perhatian terhadap mereka. Karena mereka juga warga yang punya hak untuk memperjuangkan keinginannya,” kata Andy. (bud)

Sumber : Koran Harian Memorandum

Categorised in: ,

No comment for Made Cahyana Negara Himbau Pemogok Makan Hentikan Aksinya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*