Banyuwangi The Sunrise Of Java || Kota Festival || Jelajahi Banyuwangi, Anda Pasti Ingin Kembali

Click to open Menus
Home » LAROS » Limbah Gula Glenmore Cemari Sungai Lagi

Limbah Gula Glenmore Cemari Sungai Lagi

(1003 Views) January 9, 2017 10:15 am | Published by | No comment

Warga Sendangrejo Desa Kebondalem Resah

Limbah Industri Pabrik Gula Glenmore (IGG) bertambah parah dan meresahkan warga Desa Kebondalem.Warga banyak mencari ikan yang mati disungai yang dialiri limbah IGG. Memorandum/Siswanto

Banyuwangi, Memorandum – Setelah dinyatakan Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Jember, ada pencemaran air di sungai Sampean Baru hingga mengalir kesejumlah desa dan kecamatan. Hingga kini belum ada perbaikan sama sekali terhadap pencemaran lingkungan hidup,

Pantuan Memorandum, justru warga makin mengeluh dan merasa bahwa Limbah PT. Industri Gula Glenmore (IGG), (8/1) justru bertambah parah. Masyarakat Dusun Sendangrejo, Desa Kebondalem Kecamatan Bangorejo kembali resah lantaran sungai yang satu – satunya untuk kebutuhan masyarakat sekitar untuk MCK (mandi cuci kakus) kembali tercemar.

Sugiatmono (57) asal Dusun Sendangrejo, RT/RW 02/02, Desa Kebondalem yang sebagai linmas Desa Kebondalem mengatakan masyarakat disini dan disepanjang sungai Kalibaru resah dengan limbah Industri Gulan Glenmore PT IGG.

Resahnya warga itu diantaranya warga tidak berani mencuci disungai, lantaran baju yang sudah dicuci disungai kalau dipakai itu dikulit merasa gatal – gatal,”ungkapnya ditemui Memorandum, Minggu (8/1).

Disanping itu juga menyebabkan banyaknya ikan tawar yang disungai banyak yang mati. Dan kami harus mengeluh kepada siapa,”katanya, Sugiatmono.

Direncanakan kami akan mengadukan masalah ini ke Bupati Banyuwangi, Abdullah Azwar Anas minta solusinya agar limbah tebu tidak dibuang kesungai ini lagi,cetusnya.

Hal yang sama juga diungkapkan Karianto, warga Dusun Sumberkembang Barat, Desa Karangmulyo, Kecamatan Tegalsari kami merasa prihatin dengan limbah pabrik gula yang mencemari sungai ini. Padahal sungai ini sangat dibutuhkan masyarakat,tuturnya.

Kepala Desa Kebondalem, Ikhsan SH saat dihubungi melalui telepon minggu (8/1) sekitar pukul 13.35 wib mengatakan kami sudah memberikan laporan tentang pencemaran sungai kepihak korek air baik Bangorejo maupun Pesanggaran.

Menurut pengakuan Ikhsan pencemaran sungai sudah kami laporkan keatasan saya, dan kita masih menunggu hasilnya dari Dinas Pengiran Banyuwangi, Ungkapnya Kades Ikhsan.

Selain itu kami akan melaporkan kejadian ini terhadap orang nomor satu di Banyuwangi Bupati Abdullah Azwar Anas, agar pemerintah cepat mengambil langkah agar limbah yang diduga dari Industri Gula Glenmore PT IGG tidak dibuang ke sungai,’katanya.  (swa)

Sumber | skhmemorandum.com

Categorised in:

No comment for Limbah Gula Glenmore Cemari Sungai Lagi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

you MUST enable javascript to be able to comment