Lahan Pertanian Harus Dipertahankan

777 views
banner 468x60)
Lahan Pertanian Harus Dipertahankan

– Ketua DPRD, Made Cahyana Negara, saat public hearing

Banyuwangi,Memorandum – Hingga saat ini, alih fungsi lahan pertanian di Kabupaten Banyuwangi masih terus berlangsung. Tanpa terasa, banyak lahan pertanian yang sudah berfungsi menjadi kawasan pergudangan, industri maupun properti. Jika hal tersebut dibiarkan, lahan pertanian atau lahan produktif akan habis dan Banyuwangi akan kehilangan kemandirian pangan.

Kekhawatiran tersebut diungkap oleh Ketua DPRD Banyuwangi, I Made Cahyana Negara, SE,  dalam kegiatan Publik Hearing Raperda RDTR Kawasan Strategis Pelabuhan Ketapang dan BWP Banyuwangi 2015-2035, di Aula Kantor Desa Ketapang, Senin (18/4) kemarin. “Kedepan, jangan sampai lahan produktif,khususnya sawah beralih fungsi pada yang lain,” ungkap Made Cahyana di hadapan peserta Publik Hearing.

Politikus PDI Perjuangan itu mengaku, kekhawatiran akan menyusutnya lahan persawahan di Banyuwangi karena hingga saat ini keinginan Pemerintah untuk meningkatkan ketahanan pangan belum terwujud. Salah satu penyebab utamanya adalah berkurangnya lahan pertanian, akibar dari alih fungsi lahan. “Ketahanan pangan merupakan program Nawacita Presiden Jokowi, maka dari itu kita berusaha mempertahankan lahan produktif, “ kata Made Cahyana.

Dalam publik hearing Raperda RDTR ini, Ketua DPRD itu berpesan kepada pemerintah daerah mulai tingkat desa hingga kabupaten untuk tidak serta merta mengeluarkan ijin alih fungsi lahan. Karena saat ini, modus yang biasa digunakan pihak tertentu, lahan produktif diurug menjadi lahan kering, baru kemudian mengurus ijin. “Lahan produktif tiba-tiba diurug menjadi lahan kering, lantas ijin baru diurus, sudah berapa hektar lahan produktif yang berubah” kata Made geram.

Made berharap, dalam pembahasan Raperda RDTR Kawasan Ketapang, Zonasi lahan produktif atau lahan pertanian harus tetap dipertahankan. Apalagi, dalam waktu yang tidak terlalu lama, Pemerintah Daerah bersama DPRD segera memetakan kawasan Lahan Pertanian Pangan Berkelanjutan (LP2B) untuk mencegah alih fungsi lahan. (ydi)

Sumber | Koran Harian Memorandum

Koran Harian Memorandum 2016

banner 468x60)

Related Post

banner 468x60)

Leave a reply

*