Banyuwangi The Sunrise Of Java || Kota Festival || Jelajahi Banyuwangi, Anda Pasti Ingin Kembali
Menu Click to open Menus
Home » LAROS » Lagu Luk Luk Lumbu Beredar di Youtube

Lagu Luk Luk Lumbu Beredar di Youtube

(876 Views) August 6, 2016 7:51 pm | Published by | No comment

Pencipta Lagu Banyuwangi Tidak Tahu Menahu

Beredar luas di Youtube

– Penulis syair lagu Luk Luk Lumbu, H Andang Chatib Yusuf

Banyuwangi, Memorandum – Jauh sebelum kasus suara Gandrung Temu’ direduksi oleh sebuah perusahaan rekaman di Amerika Serikat, sudah ada beberapa lagu Banyuwangian lain yang sudah beredar luas di Asia , Eropa dan Amerika. Untuk membuktikan itu, coba klik di Youtube; ‘Luk Luk Lumbu’. Akan nampak sebuah grup paduan suara dengan setting panggung yang megah dan eksklusif, tengah membawakan Lagu ‘Luk Luk Lumbu’ yang diciptakan pasangan seniman pencipta lagu Banyuwangi, Andang Chatib Yusuf dan Basir Noerian sekitar tahun 1970-an itu dengan semangat dan antusias. Tragisnya, credit title dilayar malah tertulis; By Budi Santoso.

Menanggapi kasus tersebut, Asisten Administrasi, Sekretariat Daerah Kabupaten Banyuwangi, Drs Wiyono, mengaku hanya bisa prihatin melihatnya. Masalahnya, kata Wiyono, itu sudah terjadi sejak puluhan tahun silam. “Jelas kita merasa prihatin. Karena lagu itu memang asli karya seniman pencipta lagu Banyuwangi. Sayapun bisa menjadi saksi tentang lagu itu,” ungkap Wiyono, Kepada Memorandum, kemarin.

Disingung tentang langkah penanganannya, menurut Wiyono, masih perlu dirumuskan secara bersama-sama. “Bisa jadi, nanti kita akan meminta kepada Dinas Kebudayaan dan Pariwisata untuk berkirim surat ucapan terimakasih kepada Grup Paduan suara dari beberapa Universitas di Asia dan Eropa yang telah membawakan lagu itu. Kalau perlu, kita akan meminta ijin Bupati untuk sekalian memberikan piagam penghargaan kepada grup-grup paduan suara yang telah membawakan lagu itu hingga terkenal kemana-mana. Dengan cara itu, secara tidak langsung kita akan menunjukkan kepada mereka bahwa itu adalah karya cipta seniman Banyuwangi,” kata Wiyono.

Menurut Wiyono, yang paling mengkhawatirkan adalah bahwa lagu itu telah di patent-kan oleh orang atau Negara lain. “Lha kayak tempe yang asli Indonesia, ternyata kan sudah di patent-kan oleh orang Jepang. Kita khawatir ini juga terjadi pada lagu ciptaan Pak Andang dan Pak Basir itu. Ya mudah-mudahan saja tidak sampai seperti itu,” harapnya.

Sementara itu, penulis syair lagu Banyuwangian, Andang Chatib Yusuf, mengaku tidak tahu menahu tentang lagunya yang beredar luas di Youtube. “Saya baru tahu ketika ada yang memberikan kepada saya rekaman lagu itu di Youtube. Saya tidak tahu harus bagaimana,” kata Andang pasrah. (bud)

Sumber | Koran Harian Memorandum

Koran Harian Memorandum 2016

Categorised in:

No comment for Lagu Luk Luk Lumbu Beredar di Youtube

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*