Banyuwangi The Sunrise Of Java || Kota Festival || Jelajahi Banyuwangi, Anda Pasti Ingin Kembali
Menu Click to open Menus
Home » BANYUWANGI FESTIVAL » Kunjungan Wisata Diprediksi Meningkat

Kunjungan Wisata Diprediksi Meningkat

(2283 Views) July 23, 2014 10:01 am | Published by | No comment

wisata banyuwangiBANYUWANGI – Pembangunan dan promosi sektor pariwisata gencar dilakukan Pemkab Banyuwangi sejak beberapa tahun terakhir. Nah, menjelang masa libur Lebaran 2014, pemerintah kabupaten berjuluk Sunrise of Java ini optimistis tingkat kunjungan wisatawan ke Bumi Blambangan meningkat 75 persen sampai 100 persen dibanding libur akhir pekan biasa.

Bupati Abdullah Azwar Anas mengatakan, pariwisata menjadi salah satu sektor pencipta lapangan kerja baru, mengentas kemiskinan, dan penyempit kesenjangan pembangunan antara desa dan kota. “Dengan kunjungan wisatawan meningkat, tentu gerak ekonomi lokal makin menanjak,” ujarnya kemarin (21/7). Pada libur Lebaran tahun ini, prediksi lonjakan jumlah wisatawan terjadi di sejumlah destinasi wisata unggulan.

Beberapa objek wisata andalan kabupaten ujung timur Pulau Jawa, itu antara lain Pantai Pulau Merah, Teluk Hijau, Pantai Boom, dan Kawah Ijen. Kunjungan wisatawan ke Pulau Merah, misalnya, pada akhir pekan rata-rata mencapai3 ribu sampai 4 ribu orang.Selama libur Lebaran ini, kunjungan wisatawan ke objek wisata yang dikenal dengan  pasir putih menawan itu diprediksi naik 75 persen.

Sebab, selain bisa menikmati keindahan pasir putih, pada masa libur Lebaran kali ini wisatawan  juga bisa belajar berselancar di zona aman dengan panduan instruktur. Sementara itu, selama masa libur Lebaran tahun 2014, sejumlah atraksi wisata budaya yang masuk dalam rangkaian Banyuwangi Festival (B-Fest) juga mulai digelar, di antaranyaBarong Ider Bumi di Desa Adat Kemiren, Kecamatan Glagah.Ritual adat yang satu itu rutin digelar masyarakat setempat setiap tahun di hari kedua Idul Fitri.

Setelah Barong Ider Bumi, acara selanjutnya yang masih menampilkan kekayaan budaya Osing adalah Seblang Olehsari. Ritual Seblang Olehsari digelar di Desa Olehsari, Kecamatan Glagah, mulai 1 Agustus hingga 7 Agustus. Seblang merupakan ritual upacara bersih desa untuk menolak bala yang berbau magis. Seblang Olehsari dimainkan perempuan muda dalam keadaan tidak sadar.

Sebelum ritual Seblang dilaksanakan, pada malam hari sebelumnya, masyarakat desa menggelar selamatan yang diikuti warga sekitar. Atraksi wisata budaya itu diharapkan makin mengatrol kunjungan wisatawan. Sekadar tahu, tingkat kunjungan wisatawan di Banyuwangi mengalami kenaikan cukup signifi kan. Pada 2013, turis asing mencapai 10.462 orang, meningkat 90 persen dibanding 2012 sebesar 5.502 orang. Adapun turis lokal meningkat 24 persen dari 860.831 orang pada 2012 dan menjadi 1.057.952 pada 2013. (radar-kabarbanyuwangi.info)

Categorised in: ,

No comment for Kunjungan Wisata Diprediksi Meningkat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*